BNPB: Ancaman Bencana di Ibukota Baru Masuk Level Rendah dan Sedang

  • Whatsapp
BNPB pusat menggelar simulasi bencana di Gedung Pusat BNPB, Jakarta.

INDOPOLITIKA – Kalimantan Timur       yang dipilih menjadi lokasi ibukota baru termasuk dalam daerah dengan ancaman bencana rendah hingga sedang.

Gambaran itu disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga:

Menurut Wisnu, tingkat ancaman itu bersifat dinamis pada perkembangan selanjutnya. Misalnya, sejauh mana pembangunan dan penataan ruang, apakah memperhatikan dan mempertimbangkan faktor lingkungan atau tidak.

“Ancaman bencana di daerah Kaltim jika banyak manusia yang datang adalah hidrometrologi yakni bencana banjir. Karena posisinya berada di daerah aliran sungah,” papar Wisnu.

Mengenai ancaman gempa bumi dan tsunami, menurut Wisnu, Kaltim berada pada level ancama rendah dan sedang. Pengaruh gempa akan ada jika terjadi gempa di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Sementara titik rawan tsunami karena longsoran di laut, ada di tinga titik selat Makassar. “Dengan tingkat kerawanan 4 persen.” (rma)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *