BNPB Kumpulkan Rp 2 Miliar dari Aksi Galang Dana untuk Korban Gempa Ambon

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, memastikan amanah berupa uang senilai Rp 2 miliar yang berhasil dikumpulkan dari peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), yang dihelat di Bangka Belitung, sejak 13-15 Oktober 2019 lalu sudah diserahkan kepada warga Ambon korban gempa, melalui rekening pemerintah setempat.

“Uang hasil dari penggalangan dana sebesar Rp 2 milliar didapatkan dari Gubernur, Pegawai Negeri, masyarakat, dan dunia usaha serta BPBD se-Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut,” ucap Doni, kemarin.

Baca Juga:

Dikatakan Doni, dana tersebut sudah ditransfer ke rekening BPBD provinsi dan selanjutnya akan dibagi rata ke sejumlah BPBD terdampak gempa. Seperti BPBD Provinsi Maluku, BPBD Kota Ambon, BPBD Kabupaten Seram Barat dan BPBD Maluku Tengah.

“Saat ini, status penanganan bencana gempa Maluku sudah memasuki masa transisi menuju ke pemulihan. Pemda Kabupaten/Kota terdampak sudah membuat surat keputusan jumlah kerusakan rumah berdasarkan kategori rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat,” jelasnya.

Sementara itu, pemerintah juga sudah menyiapkan dana bantuan terhadap korban yang rumahnya rusak. “Bantuan stimulan Rp 50 juta untuk rumah rusak berat, Rp 25 juta rusak sedang, dan Rp 10 juta rusak ringan,” bebernya.

Tidak hanya itu, melalui BPBD, Dinas PKP dan BNPB setempat, juga telah disepakati pola penanganan dan jenis rumah tahan gempa yang akan dibangun untuk warga. Pola penanganan yang digunakan adalah swadaya didampingi fasilitator untuk membangun RISHA bagi warga rumah rusak berat. Pemda juga telah menyusun rencana aksi perbaikan rumah, fasum dan fasos. Targetnya pada bulan februari seluruh proses perbaikan telah selesai.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *