Bocoran Pengganti Firli Bahuri, Presiden Jokowi Akan Tunjuk Petinggi KPK Lainya 

Ketua KPK Firli Bahuri ditetapkan jadi tersangka pemerasan SYL.

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebentar lagi bakal dinonaktifkan dari jabatanya usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.  

Lantas siapa yang bakal menggantikan Firli Bahuri. Berdasarkan bocoran dari pihak istana negara, Presiden Jokowi tidak akan menunjuk kalangan luar nantinya. 

Artinya, pengganti Firli Bahuri masih dari kalangan petinggi KPK saat ini.  

“Ya, tidak akan menunjuk dari luar. Dari kalangan KPK, dari pimpinan KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat ditemui di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 24 November 2023. 

Ari mengatakan surat Keputusan Presiden (Keppres) penggantian Firli Bahuri dan penunjukan ketua lembaga anti-rasuah secara sementara oleh Jokowi, sesuai dengan UU KPK no.19 tahun 2019 dan UU no.10 tahun 2015. 

Dalam keterangan pers di Istana pada Jumat, Ari mengaku belum mengetahui siapa kandidat pengganti sementara Firli.  

“Itu nanti akan diputuskan pak presiden. Dalam UU juga diatur, ketika menjadi terdakwa misalnya ada perubahan status dari pemberhentian sebagai tersangka itu,” tegasnya.  

Ari mengatakan Jokowi akan menandatangani surat Keppres pemberhentian sementara Firli dan penunjukan sementara Ketua KPK pada malam ini. 

Saat ini kepala negara masih kunjungan kerja ke Papua, dan diagendakan melawat ke Kalimantan Barat pada Siang hari. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi tak banyak bicara saat diminta komentar soal penetapan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka kasus pemerasan oleh Polda Metro Jaya.  

“Hormati semua proses hukum. Hormati semua proses hukum,” kata Jokowi di sela-sela kunjungannya di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis, 23 November 2023. [Red] 

 

 

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *