Bom Milik Abdul Basith Memiliki Ledakan Besar dan Sangat Berbahaya

  • Whatsapp
Ilustrasi Bom Rakitan Milik Dosen IPB

INDOPOLITIKA.COM- Polisi menegaskan bom yang diamankan dari dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith memiliki daya ledakan yang besar. Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Asep Adi Saputra mengatakan barang bukti ini bukan bom molotov biasa.

“Mohon dipahami, ini bukan bom molotov seperti biasa tetapi ini adalah bom yang memang memiliki daya ledak, jadi berbeda, tidak sesederhana bom molotov, ini adalah bom yang dirakit memang mempunyai bahan peledak,” kata Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga:

Asep menginformsikan bahwa ada beberapa unsur bom rakitan tersebut bisa dikatakan sebagai bahan peledak. Diantaranya, bom rakitan tersebut memiliki sumbu peledak dan bahan peledak seperti serbuk korek api, hingga paku, dan apabila meledak maka bisa berkakibat fatal, karena bom rakitan ini memiliki daya ledakan tinggi.

“Dan yang lebih mempunyai daya ledak tinggi karena di dalam balutan ini ada kandungan paku. Jadi bisa dibayangkan, andaikan ini meledak, maka daya hancurnya lebih tinggi, tidak sesederhana bom molotov,” kata Asep.

Kemudian, bom tersebut dirakit dengan menggunakan botol kaca bekas. Kata Asep, penggunaan botol kaca bekas juga menambah fatal dampak bom tersebut.

Sebelumnya, Abdul Basith dosen IPB ini ditangkap di kawasan Tangerang, Sabtu (28/9/2019) lalu. Abdul Basith ditangkap karena menyimpan 28 bom molotov. Bom ini nantinya akan digunakan untuk memicu kerusuhan pada aksi Mujahid 212. Namun, sebelum aksinya berhasil dijalankan, kepolisian terlebih dahulu menangkap Abdul Basith. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *