Brasil Kirim Pasukan untuk Tangani Pengungsi Venezuela

  • Whatsapp
Warga merusak barang-barang milik pengungsi Venezuela di kota Pacaraima, Brasil, 18 Agustus 2018. (Foto: AFP/ISAC DANTES)

Brasilia: Presiden Brasil Michel Temer menggelar rapat darurat usai memerintahkan militer bergerak menuju perbatasan untuk menangani ketegangan yang diakibatkan eksodus massal pengungsi dari Venezuela.

Pengiriman pasukan dilakukan usai warga kota perbatasan di Pacaraima bentrok dengan sejumlah pengungsi Venezuela.

Baca Juga:

Temer dilaporkan menggelar rapat bersama beberapa menteri penting, termasuk di bidang pertahanan, keamanan publik dan luar negeri.

Situasi di Pacaraima, yang sempat memanas akibat perkelahian warga dengan pengungsi, sempat tenang pada Minggu pagi. Ini terjadi karena warga mengusir sejumlah pengungsi Venezuela ke negara asalnya.

"Lebih dari 1.200 pengungsi Venezuela sudah pulang usai terjadinya bentrok," ujar juru bicara gugus tugas keimigrasian Brasil kepada kantor berita AFP, Minggu 19 Agustus 2018.

"Kota (Pacaraima) kini sudah terlihat kosong dan sangat tenang, karena bantuan aparat juga sudah tiba. Pasar-pasar lokal di kota tersebut sudah dibuka kembali," kata seorang warga di kota berpopulasi sekitar 12 ribu orang itu.

Puluhan ribu warga Venezuela memasuki beberapa negara tetangga, termasuk Brasil, dalam tiga tahun terakhir. Mereka semua pergi karena Venezuela dilanda krisis ekonomi, politik dan sosial.

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan negara-negara tujuan pengungsi Venezuela adalah Kolombia, Ekuador, Peru, dan Brasil.

"Warga Venezuela menyebutkan kurangnya makanan sebagai alasan utama melarikan diri," kata Dujarric.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *