INDOPOLITIKA.COM – Brasil resmi meluncurkan kapal selam “Tonelero”. Kapal selam ketiga yang dibangun melalui kemitraan dengan Prancis dalam Program Pengembangan Kapal Selam (ProSub) ini diluncurkan, kemarin. 

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadiri upacara peluncuran yang digelar di Pelabuhan Itaguai di pantai Rio de Janeiro. 

“Saat ini Brasil menjadi bagian dari sekelompok kecil negara yang menguasai pembuatan kapal selam. ProSub merupakan proyek kerja sama pertahanan internasional terbesar dan terpenting bagi Brasil,” ujar Lula da Silva dalam acara tersebut dikutip dari Xinhua, Jumat (29/3/2024). 

Sementara itu, Macron mengatakan bahwa galangan kapal yang dibangun untuk membuat kapal selam tersebut merupakan salah satu yang paling modern di dunia dan satu-satunya yang dibangun di Amerika Selatan. 

Kemitraan itu mencakup pembangunan kompleks infrastruktur industri untuk mendukung operasi kapal selam, termasuk galangan kapal, pangkalan angkatan laut, dan unit manufaktur struktur logam di Itaguai. [Red] 

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com