Internasional

Bukan Habib Rizieq, Ternyata Doa Prosesi Pemakaman KH Maimoen Zubair Dipimpin Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi al-Maliki

Doa prosesi pemakaman ulama kharismatik KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) di Jannatul Ma’la, Mekkah, Arab Saudi dipimpin oleh Imam Masjidilharam, Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi al-Maliki.

“Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi al-Maliki yang merupakan ulama terkemuka di Mekkah memimpin talqin dan doa dalam prosesi pemakaman almarhum KH Maimoen Zubair,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Panitia Penyelenggara Haji Indonensia (PPIH) Subhan Cholid di Mekkah, Arab Saudi, Selasa 6 Agustus 2019.

Sebelum dimakamkan, jenazah Mbah Moen juga mendapat penghormatan, disalatkan di Masjidilharam oleh jutaan jamaah haji.

“Yang memimpin doa adalah putera dari Sayyid Abbas bin Alawi al-Maliki, yang mendapat gelar Bulbul Makkah, dan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, yang punya banyak murid dari Indonesia,” terangnya.

Subhan Colid menegaskan bahwa pemakaman Mbah Moen dari awal hingga akhir dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin dan Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh.

Hal yang sama diungkapkan oleh Asyrofi, salah satu petugas haji yang mendampingi Mbah Moen sejak di rumah sakit hingga ke pemakaman. Jamaah lain juga mengirimkan video prosesi pemakaman Mbah Moen.

Dalam video itu tampak ribuan jamaah haji juga mengiringi jenazah Mbah Moen dari Masjidilharam menuju pemakaman di Jannatul Ma’la.

Dalam video lain yang sempat viral, Habib Rizieq Shihab juga tampak hadir berada di tengah kerumunan warga.

“Jadi Habib Rizieq membaca doa di tengah kerumunan itu, ya sama saja dengan jamaah lain yang juga turut mendoakan. Bukan dia yang mimpin doa dan prosesi pemakaman,” ujar Subhan. (SN)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close