Bukan Jadi Capres, Anies Justru Diprediksi Jadi Gelandangan Politik di 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Muhammad Mualimin, memprediksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak akan menjadi Calon Presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Alih-alih menjadi kandidat kuat Capres 2024, Mualimin  menyebut Anies justu akan menjadi gelandangan politik karena tidak ada partai politik yang meminangnya.

Berita Lainnya

“Anies bakal menjadi gelandangan politik, seperti kusir yang tak punya kuda dan kereta kencana. Pengangguran yang menyedihkan,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Mualimin menjelaskan, rencana Anies untuk maju di Pilpres 2024 terhambat karena jabatan dia sebagai Gubernur Jakarta saat ini akan segera habis dan digantikan oleh PLT yang sudah tentu disukai oleh pemerintah pusat.

Dengan sudah hilangnya jabatan gubenur menjelang Pilpres 2024 nanti, kata Mualimin, nama Anies pelan-pelan akan hilang dari bursa Capres 2024.

“Mengingat penunjukan plt gubernur wewenang Mendagri. Mendagri Tito Karnavian adalah anak buah Presiden Jokowi yang petugas PDIP. Kemungkinan besar plt banyak diisi antek-antek penguasa tertinggi,” ucapnya.

Satu – satunya cara agar Anies terus masuk di bursa Capres 2024, kata Mualimin, harus terus menjabat posisi Gubernur Jakarta. Tetapi, menurut Mualimin, hal itu akan sangat sulit bagi Anies, karena pemerintah pusat tidak akan mempertahankan nama pesaing di Pilpres 2024 di posisi yang menguntungkan secara politik.

“Mendagri pasti nurut apa kata presiden. Sedangkan Jokowi manut kepada Bu Mega,” pungkas Mualimin. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *