Bukan Ketum Partai, Jokowi Dinilai Tetap Bisa Jadi King Maker di Pilpres 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab, menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap bisa menjadi king maker di Pilpres 2024.

Dia meyakini itu seklipun Presiden Jokowi bukan seorang Ketua Umum Partai Politik. Fadhli tidak sependapat dengan pernyataan LSI Denny JA yang menyebut hanya ada tiga king/queen maker, yakni Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto.

Berita Lainnya

“Jokowi punya banyak potensi untuk mengarahkan siapa yang harus diusung parpol. Artinya Jokowi bisa menjadi king maker 2024,” ujar Fadhli Harahab kepada wartawan Sabtu (19/6/2021).

Fadhli membeberkan tiga alasan mengapa Presiden Jokowi bisa menjadi king maker pada Pilpres 2024.

“Pertama, Jokowi punya kekuasaan, langsung atau tidak dia akan bersentuhan dengan proses pemilu,” ujarnya.

Kedua, kata dia, persepsi publik yang terbangun adalah Jokowi merupakan seorang yang berkinerja baik. Sehingga banyak masyarakat merasa puas dengan kinerja Jokowi.

“Artinya pendukung Jokowi juga banyak yang ingin bahwa beliau terus mengimplementasikan berbagai program yang belum selesai melalui kandidat yang akan didukung beliau,” katanya.

Ketiga, lanjut dia, Jokowi punya relawan yang solid dan militan. Dia melanjutkan, dua periode ini peran relawan Jokowi tentu saja tak bisa dinafikan.

“Setidaknya, dengan modal itu, Jokowi bisa jadi penentu kandidat mana yang akan diusung parpol,” pungkasnya. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *