Bunga Bangkai Setinggi Hampir 3 Meter Tumbuh di Kebun Raya Bogor

  • Whatsapp
Bunga Bangkai

INDOPOLITIKA.COM – Bunga Bangkai jenis Amorphopalus Gigas tumbuh sempurna di Kebon Raya Bogor (KRB). Bunga denga tinggi 290 sentimeter ini menarik perhatian pengunjung.  Sebab, ini adalah salah satu tanaman langka yang dimiliki Kebun Raya.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor Inggit Pujiastuti mengatakan, ini merupakan kedua kalinya bunga bangkai tersebut mekar sejak dikoleksi pada tahun 2007.

Baca Juga:

“Ini mekar sempurna. Koleksi jenis gigas (bunga bangkai, red) hanya ada satu, di sini saja,” kata Inggit di KRB, Kamis (10/10).

Inggit menjelaskan, ada perbedaan mendasar yang dimiliki antara bunga bangkai jenis Amorphopalus Gigas dan Amorphopalus Titanium.

Meski masih satu famili dan merupakan tanaman langka, sambung Inggit, keduanya memiliki jenis ukuran yang berbeda.

“Perbedaan spesifiknya itu dari ukurannya. Titanium lebih lebar, besar, tapi pendek. Tapi kalau Gigas itu bertangkai sejak awal dan memanjang. Ciri khasnya itu tinggi,” ungkap Inggit.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor Hendrian mengungkapkan hingga saat ini upaya maksimal yang dapat dilakukan Kebun Raya Bogor adalah dengan terus menjaga dan melakukan eksplorasi.

Ia menyebut, ancaman kepunahan masih sangat nyata akibat aktivitas manusia karena terbatasnya pengetahuan terhadap kehidupan tumbuhan langka tersebut.

“Upaya menggalang keterlibatan berbagai pihak dalam konservasi telah dilakukan baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Forum Rafflesia dan Amorphophalus Indonesia (FORAMORIndonesia),” ucap dia.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *