Buntut Dua Suporter Tewas, Piala Presiden di GBLA Dipindah ke Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat (net)

INDOPOLITIKA.COM – Imbas meninggalnya dua suporter Persib akibat berdesak-desakan saat memasuki stadion, laga lanjutan Piala Presiden 2022 untuk Grup C yang digelar di Bandung lokasinya dipindah dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dengan kondisi tanpa penonton.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah ia melakukan rapat bersama PSSI, panitia pelaksana, dan para suporter. Adapun pemindahan itu merupakan buntut dari tewasnya dua suporter di GBLA.

“Hasilnya pertandingan tetap dilaksanakan pada hari ini, Bali United dan Persebaya di Jalak Harupat tanpa penonton, besok (Selasa) Bhayangkara dan Persib di Jalak Harupat tanpa penonton,” kata Kusworo di Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (20/6), dikutip Antara.

Dengan adanya keputusan tersebut, polisi meminta kepada manajemen tim atau pihak terkait lainnya supaya mengingatkan agar tidak ada suporter yang berangkat ke stadion.

“Kami mengimbau silakan menyaksikan di rumah masing-masing saja dan silakan beberapa kelompok nonton bareng di tempatnya masing-masing. Namun tidak untuk hadir di stadion,” katanya.

Meski digelar tanpa penonton, Kusworo mengatakan, Polres Bandung tetap melakukan pengamanan dengan menerjunkan personel untuk menghalau penonton datang.

“Ada 1.300 personel yang disiapkan, baik malam ini ataupun besok 1.300 ya, kami perkuat di jalan raya, pintu tol untuk menghalau sama di pintu masuk kawasan dan di pintu tribun,” kata Kusworo.

Sebelumnya, empat pertandingan Piala Presiden untuk Grup C digelar di Stadion GBLA sejak Minggu (12/6/2022).

Namun pada Jumat (17/6/2022), saat digelarnya laga mempertemukan Persib Bandung kontra Persebaya Surabaya, dua suporter, yakni Sofian Yusuf dan Asep Ahmad Solihin meninggal dunia.

Seharusnya penonton yang hadir di stadion dibatasi hanya 15 ribu orang. Namun, penonton yang datang nyaris mengisi penuh tribun stadion hingga hampir 38 ribu orang hingga terjadi dorong mendorong antar seporter saat memasuki stadion. [rif]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.