Bupati: Yang Ditembak Di Pasar Jibama Itu KKB, Bukan Warga Jayawijaya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua meminta warganya tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, pasca terjadinya aksi baku tembak antara kelompok bersenjata dan aparat keamanan di Pasar Jibama Wamena, Jumat 23 Agustus siang. Tak perlu terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan.

“Karena yang tertembak di Pasar Jibama adalah Orang Tak Dikenal (OTK). Bukan warga Jayawijaya,” ujar Bupati.

Baca Juga:

Lebih lanjut Jhon menjelaskan, OTK itu membawa senjata dan menodongkannya ke arah warga dan aparat keamanan, sehingga terjadi aksi baku tembak.

“Tindakan mereka meresahkan sehingga aparat bertindak tegas,” ucapnya.

Menyikapi kejadian itu, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan menggelar pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh adat serta pimpinan aparat keamanan.

“Pemerintah dan Persekutuan gereja serta Forum Kerukunan Umat Beragama akan memberikan imbauan langsung kepada masyarakat,” katanya.

Bupati memastikan, OTK yang tertembak adalah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB). Seperti diketahui, aksi baku tembak antara kelompok bersenjata dengan aparat keamanan gabungan TNI dan Polri terjadi di parkiran terminal Pasar Jibama Wamena, Jumat 23 Agustus sekitar pukul 11.30 Waktu Papua Wamena.

Kapolres Jayawijaya, Ajun Komisaris Besar Tonny Ananda Swadaya mengatakan, kelompok yang membawa senjata api itu adalah keompok kriminal bersenjata KKB. Mereka adalah anggota pentolan Egianus Kogoya yang sudah empat hari turun ke Kota Wamena untuk melakukan teror dan ancaman.

“Jumlah KKB yang sempat dikejar di Pasar Jibama berjumlah lima orang,” kata Tonny.

Tonny mengungkapkan, anak buahnya berhasil melumpuhkan dan menembak mati satu KKB, sedangkan empat lainnya melarikan diri. “Satu KKB yang tertembak, karena sempat menembak tiga kali ke arah saya,” imbuh Tonny.

Peristiwa itu juga membuat satu anggota Kepolisian mengalami luka tembak di bagian paha dan satu orang Kamra mengalami luka tembak di bagian perut. Pasca kejadian baku tembak di pasar Jibama, aparat gabungan TNI dan Polri masih berjaga-jaga di lokasi Pasar Jibama. Para pedagang dan para penjual sayur di Pasar Jiba diimbau untuk sementara tidak berjualan.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *