Bupati Zaki Optimistis Kabupaten Tangerang Raih WTP ke-14 dari BPK RI

Bupati Ahmed Zaki Iskandar yakin raih WTP ke-14 dari BPK RI/samsul

INDOPOLITIKA.COM – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar optimistis mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang ke-14.

Kabupaten Tangerang telah mendapatkan predikat WTP selama 13 kali berturut- turut. Tahun 2022 ini, predikat tersebut diyakini bisa dipertahankan.

“Kami berharap Kabupaten Tangerang bisa meraih WTP 14 kali berturut-turut pada tahun 2022 ini, agar capaian prestasi ini bisa terus dipertahankan secara berkesinambungan,” kata Zaki usai menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke BPK RI Perwakilan Provinsi Banten di Aula Utama Gedung BPK Perwakilan Banten Serang, Kamis (10/3/22).

Bupati Zaki mengharapkan seluruh perangkat yang menjadi pelaku pengelola keuangan daerah seperti BPKAD, Inspektorat dan BPK sebagai pemeriksa eksternal bisa bersinergi dengan baik dan dapat menjadi benteng yang ampuh dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Banten Novie Irawati Hernie Purnama mengatakan berdasarkan undang-undang yang berlaku, pemerintah daerah berkewajiban menyerahkan laporan keuangan kepada BPK dengan rentang waktu tiga bulan setelah habisnya masa anggaran.

“Alhamdulillah Kabupaten Tangerang pada awal bulan Maret sudah menyerahkan LKPD-nya. Dan ini adalah yang ketiga yang diterima oleh BPK Perwakilan Provinsi Banten,” ungkapnya.

Novie menambahkan sebelumnya, Kabupaten Serang dan Provinsi Banten telah menyerahkan LKPD. Kabupaten Tangerang merupakan yang ketiga yang sudah menyerahkan laporannya kepada BPK Perwakilan Banten. Menurut dia, hal ini sudah sesuai dengan ketentuan dan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan.

“Kami memiliki waktu selama 2 bulan, apabila tidak ada kendala dan halangan. Di tanggal 10 Mei adalah batas akhir waktu kami harus menyampaikan laporan hasil pemeriksaan kepada DPRD dan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang,” katanya.

BPK RI Perwakilan Propinsi Banten sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten  Tangerang atas usaha dan kerja keras yang luar biasa di tengah situasi pandeni masih bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan menyampaian LKPD nya yang lebih awal.

Dalam penyerahan LKPD tersebut Bupati Zaki didampingi oleh Sekretaris Daerah, Inspektur Kabupaten Tangerang serta beberapa perwakilan Kepala OPD seperti Kepala BPKAD dan juga Kepala Bapenda serta Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang. [Red]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.