Buruh Tuntut Kenaikan Upah untuk Beli Bra, Pembalut hingga Deodorant

  • Whatsapp
Aksi FSPMI

INDOPOLITIKA.COM – Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) meminta kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dihitung berdasarkan kebutuhan hidup layak (KHL), bukan berdasarkan perhitungan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz, PP No. 78 Tahun 2015 tentang pengupahan yang hanya menggunakan inflasi pertumbuhan ekonomi dan produk domestik bruto (PDB) tidak seimbang.

Muat Lebih

“Ini sangat ironis dalam situasi kami para pekerja, kenaikan upahnya dibatasi dengan PP 78 yang hanya parameternya inflasi saja dan PDB, ini tidak seimbang,” imbuhnya, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, penetapan kenaikan upah harus mengacu pada KHL. Saat ini komponen KHL berjumlah 60 item. Sedangkan pihaknya mengusulkan item KHL ditambah menjadi 78. Berikut daftar 78 item yang diminta pihak buruh;

Pertama adalah Sandang. Yakni berupa celana panjang/rok/pakaian muslim, celana pendek, ikat pinggang, kemeja lengan pendek/blus, kaos oblong/BH, celana dalam, sepatu, kaos kaki, semir sepatu, sikat sepatu, sandal jepit, handuk mandi, sajadah/perlengkapan ibadah lainnya, sarung/perlengkapan ibadah lainnya, peci/perlengkapan ibadah lainnya.

Ke dua adalah perumahan. Berupa, sewa/kontrak kamar, dipan/tempat tidur, kasur busa, bantal busa, seprei dan sarung bantal, meja dan kursi, lemari pakaian, sapu, piring makan, gelas minum, sendok dan garpu, ceret almunium, wajan almunium, panci almunium, sendok masak, pisau dapur, rice cooker ukuran 1/2 liter, kompor gas 1 tungku, selang dan regulator, tabung gas 3 kg, gas elpiji, ember plastik, gayung plastik, listrik, bola lampu hemat energi, air bersih, sabun cuci pakaian, sabun cuci piring, setrika, rak piring portable plastik, cermin.

Ke tiga di hal pendidikan. Yakni ballpoint/pensil dan TV. Ke empat adalah Kesehatan. Berupa pasta gigi, sabun mandi, sikat gigi, shampoo, pembalut wanita, aAlat cukur, deodoran, obat anti nyamuk, potong rambut, Sisir.

Ke lima, Transportasi dan Komunikasi. Adalah transport kerja dan lainnya, pulsa dan data HP. Ke enam, Rekreasi dan Tabungan. Yakni jaminan sosial dan tabungan dan rekreasi.

Ke tujuh adalah Makanan dan minuman. Berupa beras sandang, sumber protein, kacang-kacangan, susu bubuk, gula pasir, minyak goreng, sayuran, buah-buahan, karbohidrat, teh dan kopi, bumbu-bumbuan.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *