Internasional

Bush dan Obama akan Sampaikan Eulogi untuk McCain

Senator John McCain. (Foto: AFP)

Washington: Senator Amerika Serikat John McCain akan menerima penghormatan publik terakhir dalam sebuah prosesi yang disiarkan secara nasional pada Sabtu 1 September 2019. Acara itu akan menghadirkan eulogi dari dua mantan presiden AS.

Tokoh Partai Republik, George W. Bush, dan mantan presiden Barack Obama akan memberi eulogi kepada McCain, tokoh yang pernah berusaha mencapai Gedung Putih. Prosesi memorial itu akan dilakukan di Katedral Nasional Washington.

Baca: Berusia 106 Tahun, Ibunda McCain Hadiri Memorial Anaknya

Sementara presiden petahana Donald Trump tidak akan hadir dalam acara. Dalam salah satu permintaan terakhirnya, McCain meminta agar Trump tidak boleh diizinkan datang dalam prosesi memorial dan pemakaman.

Permusuhan mereka dimulai selama kampanye pemilu 2016. Ketika itu, Trump mempertanyakan McCain yang dinobatkan sebagai pahlawan perang karena menjadi tahanan di Hanoi pada 1967.

McCain membalas beberapa bulan berikutnya, dan menyebut perilaku Trump seperti anak kecil dan "memalukan." Salah satu tindakan terakhir McCain di Senat adalah memblokade upaya Partai Republik mencabut undang-undang perawatan kesehatan Obama yang dikenal sebagai Obamacare.

Bagi Obama, momen memorial akan memungkinkan dirinya berbagi cerita mengenai persaingannya dengan McCain dalam pilpres. Meski kalah, wibawa McCain sebagai negarawan tetap bersinar.

"Tidak ada perasaan lain dalam hati saya kecuali cinta untuk negara ini dan bagi semua warganya, apakah mereka mendukung saya atau Senator Obama," kata McCain saat itu, seperti disitir dari AFP.

"Saya berharap semoga keberhasilan memberkati Obama yang adalah mantan lawan saya dan akan menjadi presiden saya," pungkas dia.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close