Buwas Dianugerahi Penghargaan Top 10 Most Outstanding People

  • Whatsapp
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Buwas). 

INDOPOLITIKA, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) merupakan kepanjangan tangan pemerintah untuk menstabilkan harga bahan pokok, khususnya beras. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh staf, khususnya Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Buwas).

Purnawirawan Polisi ini mengawali kiprahnya menangani Bulog sejak ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-115/MBU/04/2018 tepatnya pada 22 April 2018. Perusahaan pelat merah ini dibawanya untuk mengembalikan fungsi dan tugas awal Bulog untuk menstabilkan harga pangan. Bahkan, Buwas sempat membuat keputusan kontroversial untuk menyetop impor besar meski ditentang oleh pemerintah.

Baca Juga:

Namun, keputusan itu diapresiasi banyak kalangan. Pasalnya, stok pangan dalam negeri mencukupi. Persoalannya, hanya berpusat pada distribusi dan rantai pasok yang bermasalah hingga adanya praktik mafia pangan.

Dengan sikap tegas itu, Buwas memperoleh penghargaan Infobank Top Ten Most Outstanding People 2019. Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B Supriyanto dalam sambutannya menyebut bila semua orang yang berjasa membangun Tanah Air akan mendapat penghargaan ini.

“Infobank hanya berlaku baik, menulis baik, dan ingin memberi energi positif bagi Indonesia serta ingin membangun kepercayaan antarlembaga. Pemberian award ini tak memandang jabatan, posisi, ras, suku, golongan. Bagi mereka yang dianggap outstanding di bidangnya kita tetapkan prosesnya satu tahun penuh kemudian dipanelkan dengan tim ahli baru mengerucut. Pemberian ini mudah-mudahan menjadi hal positif agar kita bisa tularkan hal yang bisa membangun dan membantu Indonesia untuk lebih baik,” katanya ketika memberi kata sambutan di Financial Club Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Telah banyak penghargaan yang didapatnya selama menjabat sebagai Dirut Bulog. Bahkan, ia menyebut bila bulan depan akan ke Australia untuk menerima gelar kehormatan dari salah satu perguruan tinggi di sana.

“Ada dua lagi penghargaan yang akan saya dapatkan. Luar biasanya lagi, saya akan dapat gelar Doktor di Australia. Sebenarnya saya enggak ingin Honoris Causa, saya dapat di bulan depan, insya Allah saya ke sana tapi bukan itu yang saya inginkan karena saya hanya bisa mengabdikan diri saya baik sebagai manajer dan pemimpin yang baik, saya juga masih terus belajar menjadi lebih baik,” ujarnya.

Buwas mengaku awalnya sempat ragu menerima tugas dari Presiden mengepalai Bulog. Namun, pesan untuk bekerja keras dari mendiang ayahnya selalu menguatkannya. Selain itu konsep 3K turut membuatnya berhasil menjadi pemimpin di beberapa institusi yang pernah dipimpinnya.

“Kata ayah saya, pegang 3K kalau mau berhasil. Pertama adalah komitmen setiap orang dalam hidup atau berkeluarga dan berkarya harus berkomitmen dan membangun komitmen itu. Kedua menjalankan komitmen dengan konsisten jangan liat sana sini maka kamu harus konsisten. Ketiga kamu harus konsekuen, hidup itu pilihan tantangan berkarya ada hambatan karena itu tantangan perjalanan buat kamu karena setiap orang hidup akan dicoba oleh Tuhan,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *