Buwas Kembangkan E-Commerce Pasarkan Pahe Sembako

  • Whatsapp
Dirut Perum Bulog, Budi Waseso.

INDOPOLITIKA.COM- Perum Bulog akan mempermudah penyaluran bantuan pangan non-tunai (BPNT) untuk masyarakat yang kurang mampu dengan aplikasi.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas mengatakan pihaknya kini telah mengemban bisnis digital (e-commerce) untuk mendukung penjualan bahan pokoknya hingga sampai ke tangan konsumen.

Baca Juga:

Saat ini kata dia, Bulog telah melakukan soft launching aplikasi transaksi dengan nama Panganandotcom. Aplikasi ini, menurut Buwas, dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok, tanpa harus pergi ke pasar. Selain itu harganya boleh dibilang pahe (paket hemat).

“Masyarakat tinggal pesan secara online dan pengiriman dilakukan langsung ke rumah pembeli,” kata Buwas, di Kementerian BUMN.

Lebih lanjut, Buwas mengatakan, pemasaran bahan pokok melalui online juga memiliki kelebihan lain, seperti dapat memotong rantai pasok distribusi. Hal ini menurut dia, bisa mengurangi kesempatan tengkulak dalam memainkan harga pasar dan menekan jumlah mafia pangan yang ingin mendapatkan keuntungan.

“Nanti yang punya kartu sembako tinggal duduk saja paketnya datang. Sekarang lagi mau dibuat paket-paket seharga Rp 150 ribu untuk masyarakat penerima BPNT. 12 paket ini saya buat supaya ada kesempatan masyarakat memilih,” ujarnya.

Sementara untuk mengatasi masalah akses digital penerima BPNT Bulog, kata dia, akan bekerja sama dengan RT/RW yang ada di masing-masing wilayah. Buwas yakin sistem ini bisa berjalan dan memudahkan para penerima bantuan.

“Sehingga lebih tepat sasaran. Saya bekerja dengan Kemendagri untuk data BPNT. Supaya itu betul-betul manfaatnya dirasakan oleh saudara kita yang butuh. Masyarakat tidak perlu punya android, melalui RT RW saya akan libatkan,” tandasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *