Cairan Tenggorokan 188 WNI ABK World Dream Diteliti

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menyebut 188 WNI ABK Kapal World Dream akan menjalani tes SWAB sebelum menjalani observasi pencegahan virus corona di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Tes SWAB berupa pengambilan sampel cairan dari bagian belakang hidung dan tenggorokan seseorang.

Selain ABK World Dream, 68 WNI ABK Kapal Diamond Princess yang akan dievakuasi nantinya juga akan dilakukan tes SWAB tersebut. “Kita akan memeriksa spesimen 188 WNI dari World Dream itu, ditambah 68 dari Diamond Princess, jumlahnya sudah melebihi suspect sebelumnya,” kata Terawan, Kamis (27/2/20/20).

Bacaan Lainnya

Saat dimintai keterangan lebih lanjut, Terawan enggan menjelaskan alasan pengambilan spesimen terhadap WNI World Dream dan Diamond Princess tersebut. Yang jelas, tes SWAB dilakukan terhadap 188 WNI itu di atas KRI Soeharso yang saat ini tengah dalam perjalanan menuju Pulau Sebaru Kecil.

Lebih lanjut Terawan menjelaskan pemeriksaan dilakukan terhadap orang-orang yang memang terindikasi gejala virus corona. “Jadi tim dokter hanya memeriksa orang-orang yang terindikasi yang dikirim spesimennya,” ujarnya.

“Kamu bayangkan kalau setiap orang batuk pilek diperiksa, berapa juta orang yang diperiksa? Bisa jutaan, butuh waktu,” sambung Terawan.

Terkait dengan tes SWAB yang tidak dilakukan terhadap 238 WNI yang menjalani observasi di Natuna beberapa minggu lalu, Terawan menyebut para WNI dari Hubei tersebut memang tidak menunjukkan gejala virus corona. “Yang dari Hubei itu tidak kita ambil spesimennya, orang mereka sehat semua,” katanya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *