Daerah

Caleg DPRD Provinsi Kepri Muhammad Fikri Tekankan Pentingnya Anak Muda Miliki Jiwa Pengusaha

Pengusaha adalah penopang perekonomian sebuah bangsa. Dengan mampu memberikan lapangan pekerjaan, pengusaha telah membantu mengurangi beban negara. Demikian dikatakan salah satu tokoh pemuda Batam, Muhammad Fikri.

“Logikanya, semakin banyak tumbuh pengusaha, maka semakin berkurang tingkat pengangguran sebuah negeri,” kata Muhammad Fikri saat ditemui di Batam, Selasa (25/9/2018).

Anak muda yang maju menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini menyebutkan pentingnya jiwa pengusaha pada anak muda. Ini dikarenakan bangsa Indonesia akan mengalami fase surplus usia produktif, atau yang lebih dikenal dengan bonus demografi.

Berdasarkan hitungan usia penduduk, diberitakan Indonesia akan mengalami peningkatan usia produktif pada tahun 2020-2035, yang puncaknya diprediksi terjadi pada 2030. Jumlah penduduk usia 15-64 tahun akan jauh melebihi usia 14 tahun ke bawah dan 65 tahun ke atas.

“Bonus demografi jangan hanya dimaknai sebagai banyaknya jumlah angkatan siap kerja. Namun juga harus siap membuka lapangan kerja,” ujar Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil Kepri 6 ini.

Karena itu Fikri menekankan pentingnya menumbuhkan mental pengusaha di kalangan anak muda. Indonesia membutuhkan banyak pengusaha-pengusaha muda untuk mampu menampung dan mengoptimalkan sumber daya manusia yang begitu besar.

“Setahu saya dalam sebuah riset, sebuah negara maju mensyaratkan 4 persen dari populasinya adalah pengusaha. Ini pekerjaan kita semua untuk menggenjotnya. Dalam benak kita harus kita tancapkan, pengusaha muda adalah tumpuan bangsa,” tutup Fikri. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close