Internasional

Caleg Muda Afghanistan Tewas Terkena Bom

Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)

Helmand: Seorang calon anggota legislatif merupakan satu dari delapan korban tewas dalam ledakan bom bunuh diri di provinsi Helmand, Afghanistan, Selasa 9 Oktober 2018. Sebelas orang juga terluka akibat serangan tersebut.

Pelaku meledakkan diri di dalam kantor milik Salem Mohammad Achakzai, caleg berusia 32 tahun, di kota Lashkar Gah. Ini merupakan ledakan bom bunuh diri kedua terhadap caleg menjelang pemilihan umum pada 20 Oktober.

Hingga saat ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan. Namun kelompok militan Taliban dan Islamic State (ISIS) sama-sama pernah menyerukan agar memboikot jalannya pemilu di Afghanistan.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyebut serangan ini dilakukan oleh "para teroris."

Helmand telah lama menjadi markas Taliban, grup yang dikalahkan Amerika Serikat dalam invasi ke Afghanistan pada 2001.

Achakzai adalah seorang pengusaha lokal yang baru pertama kali menjadi caleg. Semasa kampanye, ia menyuarakan "perubahan positif" di tubuh pemerintah Afghanistan.

Kematian Achakzai menjadikan jumlah caleg yang tewas dalam berbagai serangan di Afghanistan mencapai enam. Sedikitnya 2.500 caleg telah terdaftar untuk mengikuti pemilu di Afghanistan.

Persiapan pemilu ini dipandang sebagai uji coba menjadi pilpres Afghanistan tahun depan. Sekitar 50 ribu personel keamanan telah disiagakan di seantero Afghanistan untuk mengamankan jalannya proses pemungutan suara.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close