Calon Kabareskrim Akan Diumumkan Pekan Depan

  • Whatsapp
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal

INDOPOLITIKA.COM- Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan mulai Minggu depan sudah ada nama calon Kabareskrim baru pengganti Jenderal Idham Azis yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

“Itu tadi sudah di tanyakan juga, Kabareskrim adalah Hak prerogratif bapak kapolri. Tentunya akan lewat wanjakti. Tetapi, perkiraan saya, penunjukkan itu minggu depan,” kata Iqbal di Rupatama, Jakarta, Jumat (1/11).

Baca Juga:

Iqbal tidak menyebutkan secara rinci kapan akan diumumkannya, dia juga enggan berkomentar jauh soal nama-nama yang disebut sebagai calon Kabareskrim. Dirinya hanya menyebut harus dari perwira tinggi Polri yang memiliki integritas dan sepak terjang yang baik.

“Kabareskrim adalah jabatan salah satu penentu untuk memelihara Kamtibmas di Negara RI,” katanya.

Diketahui, belakangan beredar sejumlah nama jenderal bintang dua yang akan mengisi posisi Kabareskrim Polri.

Pertama, muncul nana Kadiv Propam Polri Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Karier lulusan Akpol 1991 itu terbilang cukup moncer. Dia pernah menjadi Ajudan Presiden Jokowi pada 2014.

Dia lalu mengisi posisi Kapolda Banten pada 2016 sekaligus naik pangkat menjadi jenderal bintang satu. Dua tahun kemudian, Listyo dipercaya menjadi Kadiv Propam Polri dan naik pangkat menjadi Irjen.

Selain itu, ada nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Gatot merupakan lulusan Akpol 1988. Dia pernah mengisi posisi penting, seperti Wakapolda Sulawesi Selatan, Asrena Kapolri, hingga Kapolda Metro Jaya.

Terakhir ada nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Lulusan Akpol 1988 ini juga tak bisa dinilai sebelah mata.

Dia pernah menjabat sebagai Wakapolda Jabar, Kepala STIK Lemdikpol Polri, Kapolda Sumatera Utara, Gubernur Akademi Kepolisian, dan kini menjadi Kapolda Jawa Tengah.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *