Calon Kapolri Idham Azis Fans Berat Bulutangkis, Dinilai Sangat Ngemong Terhadap Atlet

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden RI Joko Widodo, Komjen Pol Idham Azis mungkin bagi sebagian orang belum terlalu familiar. Tapi tidak bagi pebulutangkis tanah air.

Dia begitu dengan pebulutangkis tanah air. Oleh atlit tepuk bulu, dia disebut sosok yang ‘ngemong’ bagi  Mohamad Ahsan-Hendra Setiawan Cs. Buktinya saja, mereka begitu respect dan menaruh atensi luar biasa agar Idham Azis sukses melenggang sebagai Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga:

Keakraban sosok kelahiran 30 Januari 1963 itu dengan pebulutangkis bisa dilihat saat acara eksebisi badminton Piala Kapolda Sumatera Selatan, belum lama ini. Saat itu, pasangan ganda Indonesia itu mendapatkan piagam atas nama Idham Azis.

Disadur berbagai sumber, lulusan Akpol 1988 ini adalah sosok yang begitu menggemari olahraga tepuk bulu itu. Ia bahkan tak pernah melewatkan pertandingan bulutangkis jika berkesempatan menyaksikannya.

Maka tak heran jika ayah empat anak ini akhirnya bersahabat dan sering bertanding dengan para atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Sebut saja nama mantan andalan di tunggal putra Taufik Hidayat. Ia juga dekat dengan Haryanto Arbi, Lilityana Natsir, Tontowi Ahmad, Ahsan, Hendra, Marcus Gideon, Kevin Sanjaya maupun sederet nama insan bulutangkis lainnya.

Bahkan pasangan ganda terbaik dunia, Kevin Sanjaya-Marcus Fernaldi Gideon adalah atlit bulu tangkis yang sering mendapat suport dari mantan Wakil Kepala Densus 88 ini. Mereka pun mendoakan agar Idham Azis terpilih sebagai Kapolri.

“Pak Idham itu orangnya ramah dan kami berterima kasih karena sering disuport beliau,” kata Gideon.

Pernyataan serupa juga dilontarkan Taufik Hidayat. Dia mengungkapkan bahwa sosok Idham adalah sosok low profile meski memiliki jabatan tinggi.

“Kecintaannya terhadap dunia bulu tangkis yang menyebabkan kami kemudian menjadi sahabat. Selain saya ada banyak pebulutangkis lainnya yang menjalin pertemanan dengan beliau, karena Pak Idham sangat ngemong (bahasa jawa/menjaga/merawat) terhadap kami,” kata Taufik.

Dikatakan, sebagai teman, dirinya mendoakan Idham bisa amanah sebagai calon kapolri baru. “Kalau di dunia bulu tangkis, seorang jenderal bintang tiga seperti seorang atlet yang sudah memenangkan gelar Sea Games, Asian Games atau Kejuaraan Dunia. Si atlet tentu akan berusaha meraih gelar Olimpiade sebagai pembuktian terakhir. Demikian juga Pak Idham dalam meraih karier bintang empat sebagai Kapolri,” tutur peraih emas Olimpiade 2004 ini.

Dukungan serupa juga muncul dari pasangan ganda campuran terkuat yang pernah dimiliki Indonesia yakni Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir. Kedua peraih mendali emas Olimpiade Rio de Jenairo 2016 di nomor ganda campuran ini menyatakan kegembiraannya ketika mendengar bahwa suami Fitri Handari ini menjadi calon Kapolri menggantikan Tito Karnavian.

“Kami mendukung beliau sebagai Kapolri, sebab beliau adalah sosok yang berwibawa, sangat baik dan sangat mengayomi. Semoga di tangan beliau, Polri akan semakin maju,” kata Tantowi Ahmad.

“Kita doakan semoga amanah,” timpal Liliyana.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *