Calon Menhan Nggak Mesti Orang Militer, Toh di Era SBY Menhannya Orang Sipil

  • Whatsapp
Pengamat Intelijen dan Pertahanan Susaningtyas Kertopati

INDOPOLITIKA.COM- Presiden Jokowi sudah memanggil satu per satu tokoh yang dinilainya berpotensi menjadi calon menteri. Secara maraton sejak pagi tokoh-tokoh datang ke Istana Negara memenuhi undangan Presiden Jokowi.

Yang baru saja ditemui Presiden Jokowi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama anak buahnya Edhy Prabowo. Seusai bertemu Prabowo memastikan dirinya dipercaya Presiden Jokowi untuk membantu kabinetnya.

Baca Juga:

“Saya diminta beliau membantu di bidang pertahanan untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan beliau,” ujar Prabowo di Istana Negara

Menanggapi kabar Prabowo dipercaya menempati posisi Menteri Pertahanan, pengamat Intelijen dan Pertahanan, Susaningtyas Kertopati, mengatakan sejatinya untuk menjadi mennteri pertahanan tak perlu figur yang berlatar militer seperti Prabowo.

“Menhan itu kan mengurus pertahanan tapi itu jabatan sipil bisa juga dijabat oleh non militer. Jaman Pak SBY juga kan dijabat oleh Purnomo Yusgiantoro itu kan bagus juga,” kata Susaningtyas saat dihubungi Indopolitika.com, Senin (21/10/2019).

Susaningtyas mengatakan syarat jadi menteri pertahanan sejatinya harus memahami pertahanan baik secara keilmuannya maupun operasinya. Dan posisi itu tak mesti diisi oleh figur militer.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *