INDOPOLITIKA.COM – Pilkada Subulussalam menjadi salah satu kota yang akan diikuti oleh Wali Kota periode sebelumnya. Prestasi yang ia capai dinilai tak mudah diimbangi siapapun yang terpilih pada November 2024 mendatang.

Affan Alfian Bintang, Wali Kota Subulussalam 2019-2024, mampu mengukir prestasi dan berbagai penghargaan untuk Kota Subulussalam. Penghargaan demi penghargaan datang dari pemerintah RI.

“Ini kota menarik. Wali Kotanya cukup sukses mengelola birokrasi maupun membangun masyarakatnya. Siapapun yang terpilih pada Pilkada nanti, sulit mengimbangi prestasinya,” ungkap Abdul Fatah, peneliti Lembaga Studi Pemilu dan Demokrasi (LSPD), Sabtu (6/7/2024).

Sebut saja empat kali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, serta peringkat pertama Pemda dengan penyerapan APBD tertinggi dan penyaluran dana TKD tertinggi dari Kemenkeu RI.

Ada pula dari KPK RI, dimana Subulussalam dinobatkan sebagai Kota dengan peningkatan skor indeks pencegahan korupsi terbaik (Monitoring Center for Prevention atau disingkat MCP) se-Provinsi Aceh pada 2023.

Capaian pun dilengkapi dengan peningkatan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Subulussalam setiap tahunnya di masa kepemimpinan Bintang, demikian sapaan akrabnya.

“Cukup istimewa dan mengangkat nama Subulussalam sebenarnya. Tidak mudah menandingi Bintang pada Pilkada nanti,” tutup Fatah. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com