Cek Fakta: Beredar Hoaks Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II Koalisi Indonesia Maju

[SALAH] Beredar Risalah Rapat Pengangkatan Nama – nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II dengan Lambang Garuda dan Bertuliskan Koalisi Indonesia Maju
banner 468x60

Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf, Erick Tohir membantah kabar adanya risalah rapat dalam format PDF yang bernama Menteri Kabinet Kerja Jilid II. “Hoaks,” kata Erick, Rabu (17/7).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi–Ma’ruf, Abdul Kadir Karding menjelaskan terdapat kerancuan nama koalisi dalam risalah rapat tersebut yakni “Koalisi Indonesia Maju,” padahal menurutnya koalisi partai pendukung Jokowi – Ma’ruf adalah Koalisi Indonesia Kerja. “Judulnya aja pakai Koalisi Indonesia Maju, itu saja sudah bukan kami, Koalisi Indonesia Kerja,” katanya.

=====

Sumber: Media Sosial Whatsapp

=====

Kategori: Fabricated Content

=====

Narasi:

“KOALISI INDONESIA MAJU REPUBLIK INDONESIA. RISALAH PENGANGKATAN MENTERI PEMBANTU PRESIDEN DALAM KABINET KERJA JILID II PERIODE 2019 – 2024.”

=====

Penjelasan:

Beredar file Risalah Rapat Pengangkatan Pembantu Menteri Presiden Dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019 – 2024 di media sosial Whatsapp. Dalam file berformat PDF dengan nama file “Menteri “ Kabinet Kerja Jilid II” tersebut, terdapat lambang Garuda dan tulisan Koalisi Indonesia Maju.

Dalam Risalah Rapat itu dituliskan jenis rapat adalah musyawarah pengangkatan nama – nama Menteri pembantu presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019 – 2024 masa kepemerintahan Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin bersama partai koalisi. Diinformasikan juga, waktu rapat, Minggu 14 Juli 2019 dipimpin oleh Ir. H. Joko Widodo dan Sekretaris, Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, M.M dengan sifat rapat yang tertutup, dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal dari partai yang tergabung dalam koalisi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) di Ruang Rapat Sentul City Internasional Convention Center, Bogor.

Kemudian terdapat 42 nama yang menempati posisi menteri, pejabat setingkat menteri, kepala Lembaga pemerintah non kementerian dan kepala lembaga non struktural. Pada bagian penutup risalah rapat tertulis, “Salinan Resmi Akan Dikeluarkan Pasca Pengumuman Kabinet Kerja Jilid II.”

Menanggapi hal tersebut, Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf, Erick Tohir menyatakan dengan tegas kabar itu adalah tidak benar. “Hoaks,” kata Erick, Rabu (17/7).

Senada, Wakil Ketua TKN Jokowi–Ma’ruf, Abdul Kadir Karding memastikan draft susunan menteri kabinet Jokowi – Ma’ruf yang belakangan beredar, merupakan hoaks. “Saya bisa pastikan draft yang beredar itu hoaks,” ujarnya, Selasa (16/7) malam.

Karding juga menjelaskan terkait kerancuan nama koalisi dalam risalah rapat tersebut yakni “Koalisi Indonesia Maju,” padahal menurutnya koalisi partai pendukung Jokowi – Ma’ruf adalah Koalisi Indonesia Kerja. “Judulnya aja pakai Koalisi Indonesia Maju, itu saja sudah bukan kami, Koalisi Indonesia Kerja,” katanya.

Wakil Ketua TKN Jokowi–Ma’ruf, Arsul Sani juga menerangkan bahwa hingga kini Jokowi – Ma’ruf masih menyusun daftar kabinet. Sebelum mengumumkan kepada publik, mereka akan mengadakan pertemuan dengan ketua umum partai politik untuk membahas koalisi dan daftar menteri pada bulan ini. “Kalau misalnya yang di–reshuffle itu menteri yang berasal dari partai politik, tentu pak Jokowi akan berkomunikasi dengan parpolnya, tentu dengan Ketua Umum (Ketum),” ujarnya.

=====

Referensi:

1.http://news.kompas.com/read/2019/07/17/08414431/hoaks-nama-menteri-kabinet-jilid-ii-dengan-kop-garuda

2. http://nasional.tempo.co/read/1225425/susunan-menteri-kabinet-jokowi-yang-beredar-dipastikan-hoaks?TerkiniUtama&campaign=TerkiniUtama_Click_3

3. http://katadata.co.id/berita/2019/07/17/hoaks-daftar-menteri-kabinet-jokowi-maruf-beredar-di-media-sosial

4. https://www.viva.co.id/berita/viva-fakta/1166427-beredar-susunan-kabinet-indonesia-kerja-jokowi-ma-ruf-amin-hoax

5. https://www.suara.com/news/2019/07/17/064020/cek-fakta-7-hal-salah-di-susunan-menteri-kabinet-kerja-jilid-2-versi-pdf

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/936388570027012/

Sumber: Turbackhoax

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan