Cek Fakta: Foto Asli RA Kartini Berjilbab

  • Whatsapp
Gambar: Turnbackhoax.id

INDOPOLITIKA.COM — Pada tanggal 21 April 2021, beredar sebuah foto Raden Adjeng (RA) Kartini memakai jilbab dan berkacamata. Oleh para penyebar, foto RA Kartini tersebut diklaim adalah asli. Padahal foto itu adalah hasil editan.

Berita Lainnya

“Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya. Foto RA Kartini yang berkonde dan berkebaya versi Belanda akan terus dikeluarkan oleh kaum sekuler agar RA Kartini tetap dikenang sebagai perempuan yang tak mau berjilbab,” tulis dalam keterangan foto tersebut.

Dari penelusuran, foto RA Kartini memakai jilbab tersebut sebenarnya adalah hoaks. Seperti dikutip Indopolitika.com dari Turnbackhax.id, foto RA Kartini berjilbab ini sebenarnya sudah pernah muncul tak lama berselang dari peringatan hari Kartini 21 April 2018.

“Para pakar sejarah meragukan keaslian foto RA Kartini tersebut, tidak ada catatan dalam sejarah. Hasil uji forensik terhadap foto dari sumber klaim juga memperlihatkan foto banyak kecacatan,” demikian penjelasan Turnbackhoax.id. [IND]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *