[Cek Fakta], Ma’ruf Amin Mengundurkan Diri Usai Dilantik

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Media sosial dikejutkan dengan menyebutkan bahwa Wakil Presiden Terpilih KH Ma’ruf Amin akan mengundurkan diri setelah dilantik membuat heboh.

Disebutkan pula, Ma’ruf Amin akan diganti dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga:

Kabar tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama George Manuputty. Akun tersebut juga mengunggah foto sebuah artikel media online.

Akun ini juga menambahkan sebuah caption, yang mengatakan bahwa Ma’ruf Amin dimanfaatkan untuk mendulang suara dalam Pilpres 2019. Berikut isi caption tersebut:

“Nah buat para pendukungnya ma’ruf amin . Selamat punjaanmu akan mengundurkan diri. Pasti di Ganti sama penista agama C Ahok. Selamat ya bong.”

Senada, sebuah akun  Facebook lainnya, Mbah Sangkil juga mengunggah sebuah link berita yang sama. Akun itu bahkan menambahkan narasi caption sebagai berikut:

“Ternyata benar pridiksi, Ma’ruf Amin hanya buat cari suara doang setelah itu akan diganti.”

Setelah ditelusuri, informasi yang menyebut Ma’ruf Amin mengundurkan diri berasal dari situs kabarislamnews.com dengan judul “KH. Ma’ruf Amin Akan Mengundurkan Diri Setelah Di Lantik”. Artikel itu diunggah pada Selasa, 2 Juli 2019.

Artikel itu menyajikan berita KH.Ma’ruf Amin mengundurkan diri sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), bukan sebagai Wakil Presiden seperti yang diunggah dalam narasi akun George Manuputty dan Mbah Sangkil.

Dikutip dari beberapa media media arus utama, benar bahwa Ma’ruf Amin akan mundur dari Ketum MUI setelah dilantik jadi Wakil Presiden. Seperti yang dimuat di cnnindonesia.com.

Klaim yang menyebut Ma’ruf Amin mundur dari jabatan Wakil Presiden tidak benar. Narasi pada unggahan tersebut dipelintir untuk menggiring opini yang salah kapada masyarakat.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *