Cek Fakta: [SALAH] Jokowi: Rusia Saja Sampai Meminta Ilmu Strategi Perang kepada Saya, Kenapa Orang Indonesia Malah Meragukan Saya

  • Whatsapp
[SALAH] “’RUSIA’ saja sampai meminta ilmu strategi perang kepada saya, kenapa orang ‘INDONESIA’ malah meragukan saya”

Beredar sebuah tangkapan layar dengan judul “’RUSIA’ saja sampai meminta ilmu strategi perang kepada saya, kenapa orang ‘INDONESIA’ malah meragukan saya” yang diunggah oleh sebuah akun Facebook bernama @KanjengPutri dan diberi logo milik salah satu media daring di Indonesia yakni detik.com adalah tidak benar adanya. Unggahan yang beredar pada 21 Juli 2019 tersebut telah dibagikan sebanyak 15 kali dan telah mendapat 306 komentar. Setelah dilakukan penelusuran, tangkapan layar yang dibuat seolah merupakan terbitan detik.com tersebut adalah tidak benar adanya.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

Muat Lebih

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

https://web.archive.org/…/15386…/permalink/2220705494650026/

NARASI:

“’RUSIA’ saja sampai meminta ilmu strategi kepada saya, kepada orang ‘INDONESIA’ malah meragukan saya”

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama @KanjengPutri mengunggah tangkapan layar ke sebuah group publik @SuaraRakyat dengan judul “’RUSIA’ saja sampai meminta ilmu strategi perang kepada saya, kenapa orang ‘INDONESIA’ malah meragukan saya”. Dalam unggahan tangkapan layar tersebut, terdapat logo salah satu media daring di Indonesia yakni detik.com dan foto Presiden Joko Widodo yang ditayangkan pada Rabu 01 Mei 2019, pukul 12.17 WIB.

Unggahan akun Facebook @KanjengPutri yang beredar sejak 21 Juli 2019 telah 15 kali dibagikan dan mendapat 306 komentar warganet. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut mengenai ketersediaan berita dengan judul tersebut, tidak ditemukan adanya berita dengan judul seperti yang diunggah oleh akun @KanjengPutri.

Dari hasil penelusuran melalui mesin pencari, foto yang digunakan untuk tangkapan layar tersebut diperoleh melalui situs berita merdeka.com dengan judul “Berbaju TNI, Jokowi letakkan batu pertama pembangunan RS di TMII” yang tayang pada 13 Mei 2019, pukul 18.27. Hanya saja foto tersebut telah melalui proses editing dengan cara pembalikan (flip). Sementara, diketahui pula melalui indeks detik.com, berita yang ditayangkan pada Rabu, 1 Mei 2019, pukul 12.17 WIB bukanlah berita dengan judul seperti halnya yang diunggah oleh akun @KanjengPutri, melainkan:
“Prabowo Tiba di Tennis Indoor, Massa Buruh Teriak ‘Presiden Indonesia Kita’” dan “Massa Buruh KSPI Dihibur Sang Alang, Fadli Zon Hadir”

===

KESIMPULAN: Berdasarkan hasil pencarian fakta, tidak benar bahwa detik.com menulis pemberitaan seperti halnya yang diunggah oleh akun Facebook @KanjengPutri.

===

REFERENSI:

https://news.detik.com/indeks/all/11?date=05/01/2019
https://www.kominfo.go.id/…/hoaks-detik…/0/laporan_isu_hoaks
https://news.detik.com/…/bersenjata-dan-berseragam-kostrad-…
https://www.merdeka.com/…/berbaju-tni-jokowi-letakkan-batu-…

Sumber: Turbackhoax

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *