Pemerintahan

Cek Pelayanan BPJS, Jokowi Ajak Managing Director IMF Kunjungi RSPP Jakarta

Usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Senin (26/2) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Managing Director Dana Moneter Internasional atau International Monetery Fund (IMF) Christine Lagarde blusukan ke sejumlah lokasi di Jakarta.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana Presiden mengajak Christine untuk meninjau pelayanan untuk peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan juga sistem jaminan sosial untuk kesehatan.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan ini adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moloek, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Presiden Jokowi menjelaskan, melalui kunjungan tersebut pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia ini memiliki sistem jaminan sosial untuk kesehatan yang namanya BPJS dan Kartu Indonesia Sehat.

“Saya tadi sampaikan bahwa untuk KIS sekarang sudah 92,4 juta, kemudian totalnya untuk BPJS 193,1 juta yang sudah kita berikan kepada masyarakat,” kata Presiden seraya menambahkan, saat bertemu di Istana Merdeka, Managing Direcotor IMF Christian Lagarde meminta untuk melihat sistem jaminan kesehatan ini seperti apa, pelayanan seperti apa.

Menurut Presiden, Jaminan kesehatan dalam jumlah yang sangat besar seperti ini hanya ada di Indonesia, yaitu 92 juta (untuk KIS) dan 193,1 juta (untuk BPJS).

Tentu saja, menurut Presiden, tidak mudah untuk mengelola, tidak mudah untuk memanage ini. Banyak negara melihat ini betul-betul sebuah jaminan kesehatan yang sangat besar,

“Fasilitasnya tadi sesuai komentar yang disampaikan oleh Madam Lagarde juga fasilitas kesehatan yang bagus. Sistemnya bagus, kemudian fasilitas kamarnya juga baik,” ujar Presiden Jokowi.

Mengenai keluhan pelayanan BPJS Kesehatan, Presiden mengakuinya. Namun saat mendadak berkunjung ke Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin, Bandung, beberapa hari lalu, menurut Presiden, tidak banyak keluhan yang disampaikan pemegang kartu BPJS Kesehatan.

Sebelum blusukan, Presiden Jokowi dan Christine Lagarde beserta delegasi melakukan pertemuan di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu Presiden antara lain didampingi oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (rls/ind)

Tags

Artikel Terkait

Close