China Dihantui Wabah Maut Hitam Yang Pernah Hancurkan Eropa

  • Whatsapp
Tim medis rumah sakit di China menangani pasien yang terjangkit penyakit menular mematikan. [REUTERS/Thomas Peter]

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah China dibuat was-was oleh adanya warga yang terinfeksi wabah Black Death atau Maut Hitam, salah satu penyakit menular paling mematikan di dunia.

Dikutip dari kantor berita Xinhua, Sabtu (16/11/2019), setidaknya dua warga di China Utara berada di bawah pengawasan ketat dokter untuk menerima pengobatan dari wabah yang pernah menghancurkan Eropa pada pertengahan 1300-an.

Muat Lebih

“Langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyakit yang relevan telah diambil,” begitu media pemerintah China tersebut menulis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mengatakan pada situs microblogging Weibo masyarakat tidak perlu panik. CDC mengklaim risiko penularan lebih lanjut dari wabah Maut Hitam sangat rendah.

“Pihak berwenang dengan cepat mengisolasi para pasien, melakukan penyelidikan epidemiologis pada orang-orang yang bisa terpapar dan didesinfeksi semua situs yang relevan,” kata CDC. “Mereka juga memperkuat pemantauan pasien.”

Wabah yang termasuk dalam wabah maut hitam ini menjadi salah satu penyakit yang menakutkan dan menghancurkan Eropa. Penyakit ini menewaskan sekitar 50 juta orang. Sejak saat itu, antibiotik pun ditemukan. Antibiotik ini dianggap bisa mengatasi berbagai infeksi yang sudah diketahui sejak awal. Namun wabah ini tak benar-benar bersih dan menghilang. Faktanya, malah kembali lagi.

Meskipun tidak menyebabkan pandemi skala besar untuk beberapa waktu, wabah Maut Hitam diketahui bertahan pada populasi hewan tertentu di seluruh Asia serta Amerika dan Afrika.

Wabah Maut Hitam dapat ditularkan ke manusia dalam beberapa cara, tetapi jalan penularan yang paling umum adalah melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi dan seringkali melalui hewan pengerat. Gigitan dari tikus pengidap wabah positif dapat menularkan infeksi, tetapi gigitan dari kutu yang terinfeksi juga dapat untuk menginfeksi orang dewasa yang sehat.

Langkah kunci untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghilangkan tempat tikus bersarang di sekitar rumah, gudang, garasi, dan area lainnya. CDC mengungkapkan untuk menghilangkan tumpukan batu, sampah, dan kayu bakar berlebih karena biasa jadi lokasi rumah tikus. [rif]

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *