China Isolasi 10 Juta Penduduk Kota Wuhan Gegara Virus Corona

  • Whatsapp
Salah seorang petugas memeriksa suhu tubuh penumpang di stasiun metro Wangjiadun di Wuhan. Foto: Xinhua

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah China mengambil langkah tegas dengan mengisolasi Kota Wuhan, yang berpopulasi 10 juta penduduk agar tidak terjangkir virus mematikan Corona. Langkah ini bertujuan untuk secara tegas membatasi wabah dan menjamin kesehatan dan keselamatan warga kota setempat.

Melansir pemberitaan media setempat, xinhuanet.com, langkah mengisolasi Kota Wuhan dilakukan pada Kamis, (23/1/2020) pukul 10.00 waktu setempat. Semua transportasi umum termasuk bus kota, kereta bawah tanah, kapal feri ditutup juga. Selain itu, saluran keluar di bandara dan stasiun kereta api juga telah ditutup hingga  ada pemberitahuan lebih lanjut. Warga juga dilarang keluar jika memang tidak ada kepentingan yang sangat mendesak.

Baca juga:

Salah seorang wartawan Xinhua yang hendak menggunakan transportasi umum melaporkan, bahwa dia diberi tahu jika semua bus tidak beroperasi dan kembali ke pool masing-masing. Semua pintu masuk di Stasiun Kereta Api Wuhan dan serta pintu masuk tol di Provinsi Hubei, telah ditutup. Beberapa penumpang terdampar di stasiun atau bandara.

“Saya meninggalkan rumah sekitar pukul 8:30 pagi dan semua penumpang di bus mengenakan masker,” ungkap Yan Fei (40) salah seorang penjual lokal di Wuhan, yang hendak pergi bekerja.

 Sementara menurut para ahli medis setempat, mengenakan masker dinilai langkah tepat untuk menghindari infeksi. Oleh karena itu, pihak berwenang di Wuhan telah meminta agar semua penduduk di Wuhan mengenakan masker di tempat-tempat umum.

“Staf organ negara, perusahaan dan institusi harus mengenakan masker di tempat kerja, dan operator tempat-tempat umum harus memasang tanda-tanda yang menarik untuk meminta penduduk mengenakan masker sebelum masuk,” bunyi pemberitahuan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Wuhan.

“Mereka yang mengabaikan peringatan itu akan dihukum sesuai dengan hukum dan peraturan yang relevan,” tambahnya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *