City Gallery Diresmikan, Masyarakat Bisa Melihat Sejarah Hingga Masa Depan Tangsel

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM — Kendati baru berusia 12 tahun, Kota Tangerang Selatan mampu terus bergerak maju. Ikhtiar dan kerja keras Walikota Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie juga berhasil membawa kota hasil pemekaran Kabupaten Tangerang ini meraih beragam penghargaan dan apresiasi.

Dalam kurun 10 tahun terakhir, atau selama periode kepemimpinan Airin dan Benyamin, pemerintah kota terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan demi mewujudkan Tangsel sebagai kota yang cerdas, modern, dan religius.

Berita Lainnya

Pada tahun ini saja, misalnya, beragam pencapaian pembangunan berhasil dicatatkan Pemkot Tangsel, salah satunya peresmian City Gallery Tata Ruang, termasuk peresmian menara pandang. Kepala Dinas Kominfo Tangsel Fuad mengatakan, peresmian City Gallery akan dilakukan besok, Jumat (4/12). Adapun tema yang diangkat adalah Harmoni dalam Inovasi.

City Gallery berada di kawasan pusat pemerintahan Kota Tangsel. “Galeri Tata Ruang adalah sebuah galeri interaktif dari pemerintah kota yang menyajikan perencanaan pembangunan Kota Tangsel,” kata Fuad melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/12).

Di dalam Galeri Tata Ruang, masyarakat akan terlebih dulu diberikan gambaran mengenai sejarah singkat pembentukan Tangsel. Setelahnya, Anda akan diajak untuk melihat kemajuan yang diraih Tangsel.

“Di dalam Galeri Tata Ruang masyarakat juga bisa melihat tentang rencana-rencana pengembangan kota di masa depan, tidak hanya dari aspek teknis juga dalam konteks masyarakat, budaya, ekonomi, dan lain-lain,” jelas Fuad.

Karena itu, Fuad berharap kehadiran Galeri Tata Ruang bisa menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah kota dengan masyarakat terkait rencana pengembangan kota. Fuad juga berharap Galeri Tata Ruang bisa menciptakan harmoni dan kolaborasi pembangunan antara pemerintah kota dengan seluruh pihak terkait.

Pemerhati Budaya Tangsel Zainul Akbari mengatakan, kehadiran Galeri Tata Ruang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai ruang komunikasi dengan pemerintah kota.

“Kehadiran City Gallery sangatlah positif. Karena selain bisa melihat rencana pengembangan kota, masyarakat juga diingatkan tentang sejarah pembentukan kota. Lazimnya kota-kota besar di dunia, kita tidak akan bisa terus bergerak maju ketika melupakan sejarah,” ungkap Zainul.

Karena itu, Zainul mengimbau masyarakat untuk benar-benar memanfaatkan sejumlah fasilitas yang telah disediakan Pemkot Tangsel, termasuk City Gallery, untuk bersama-sama menjadikan Tangsel sebagai kota yang cerdas, modern, dan religius.

Sesuai perencanaannya, Galeri Tata Ruang berisikan lima lantai. Di lantai pertama, selain ada Tangsel _overview_, lobi, dan resepsionis, juga disediakan maket Tangsel secara general seperti pengembangan permukiman sejumlah kawasan.

Di lantai dua, Anda akan disajikan mengenai sejarah singkat pembentukan Tangsel. Beranjak ke lantai tiga, berisikan gambaran kondisi Tangsel masa kini. Di lantai empat, bertajuk Tangsel di masa depan. Di lantai ini Anda akan melihat rencana pengembangan dan pembangunan Tangsel di masa mendatang.

Sementara di lantai terakhir, selain masih terdapat gambaran mengenai Tangsel di masa depan, ada juga virtual reality Tangsel. Setiap penjelasan dan paparan mengenai kondisi dan rencana pengembangan Tangsel disajikan melalui video interaktif, display foto dan infografis, juga layar interaktif. (ind)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *