‘Contraflow’ Tol Jakarta- Cikampek Sempat Diperpanjang ‘One Way’ Diberlakukan Lebih Awal

  • Whatsapp
Petugas mengatur pemberlakukan berakhirnya One Way di ujung Tol Brebes Barat, Jateng, Kamis (30/5). (Foto: Info Mudik 2019)

Setelah mengalami kemacetan sepanjang Rabu (29/5) malam hingga Kamis (30/5) pagi, PT. Jasa Marga (Persero) sempat pada Kamis (30/5) kemarin sempat mengubah area pemberlakuan contraflow yang semula di titik Km 29 – Km 61, sejak pukul 13.15 WIB diperpanjang dari Km 35 – Km 69.

Selain itu, Jasa Marga juga menambah kapasitas lajur contraflow secara bertahap yang semula satu lajur menjadi dua lajur, di awali dari Km 60 – Km 69 yang terintegrasi langsung dengan jalur one way, dan akan dilanjutkan hingga titik awal contra flow di Km 35.

Hal ini dilakukan karena jalur arah sebaliknya (arah Jakarta) relatif kosong sehingga penambahan lajur arah Cikampek dimungkinkan untuk mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek terutama menjelang titik-titik rest area Km 33, Km 39, Km 50 dan Km 57.

Namun pada sekitar Jasa Marga menutup kembali jalur contraflow itu. “alan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek saat ini terpantau lancar sehingga pada pukul 19.45 WIB Jasa Marga menutup lajur contraflow Km 34+800 – Km 69,” kata Corporate Communication Depertment Head PT Jasa Marga (Persero), Irra Susiyanti, dalam siaran persnya semalam.

Lebih Awal

Sementara itu atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas one way lebih awal pada Kamis (30/5), yaitu sejak pukul 08.00 WIB dari Km 69 Jalan Tol Jakarta Cikampek – Km 263 Brebes Barat.

Pemberlakuan one way yang maju satu jam lebih awal dari yang telah direncanakan sebelumnya (pukul 09.00 WIB) itu . Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

Saat ini terpantau kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai terurai dengan 2 rekayasa lalu lintas arah Cikampek yang saat ini diberlakukan sekaligus, Contraflow Km 29 – Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 05.30 WIB dan One Way Km 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 263 Brebes Barat sejak pukul 08.00 WIB.

Jasa Marga mengimbau mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal.

“Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” pesan Irra. (Humas Jasa Marga/Info Mudik 2019/ES)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *