Copa America 2021 Terancam Bubar Setelah Puluhan Pemain dan Staf Positif Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badai Covid-19 menghampiri gelaran Copa America 2021 yang baru saja dibuka pada Senin (15/06/21) kemarin. 41 orang yang terdiri dari pemain, staf, dan pekerja dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya, ajang dua tahunan itu terancam harus bubar jalan. Seperti dilansir dari ESPN, Kementerian kesehatan Brasil menyatakan sedikitnya ada 41 orang terpapar Covid-19 selama dua hari pelaksanaan Copa America 2021, dan sebagian besar merupakan pemain dan ofisial.

Berita Lainnya

Lonjakan Covid-19 itu datang dari 31 pemain atau staf dan 10 pekerja yang direkrut untuk bekerja di Copa America 2021 ini.

Laman TyC Sports mewartakan, dari 10 peserta, ada empat negara yang pemain dan ofisialnya dinyatakan positif, yaitu Venezuela, Kolombia, Venezuela, dan Peru. Total ada 31 pemain dan ofisial yang dinyatakan positif, sedangkan sisanya relawan yang bertugas di turnamen ini.

Venezuela menjadi peserta terbanyak yang terpapar virus, yakni mencapai 13 orang, sembilan di antaranya adalah pemain. Venezuela mengawali pertandingan dengan kekalahan 3-0 dari Brasil pada awal pekan ini.

Tim tamu, Venezuela diketahui harus mengalami krisis pemain usai 12 pemain dan staf mereka diketahui positif terjangkit Corona sehari jelang laga pembuka kontra Brasil.

Lebih lanjut, Kementerian kesehatan setempat juga menyatakan, pada tahap awal turnamen ini, mereka telah melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 2.927. Jumlah itu sudah termasuk dengan orang yang sama.

Publik Brasil sempat mempertanyakan kebijakan Presiden Jair Bolsonaro yang mengizinkan Copa America digelar di Negeri Samba. Namun Bolsonaro menekankan, pihaknya sangat bagus dalam menangani masalah ini dibandingkan turnamen sepakbola lainnya di kawasan Amerika Latin, seperti Copa Libertadores dan Copa Sudamericana.

“Di ajang ini (Copa America) tidak ada yang tak berisiko tertular lebih besar dibandingkan di Libertadores atau Sudamericarana. Apakah ada orang yang menyaksikan pertandingan kemarin (di stadion)?” cetus orang nomor satu di Brasil ini.

Brasil memutuskan untuk menjadi tuan rumah Copa America 2021 setelah Kolombia dan Argentina mundur dari status tuan rumah. Gejolak sipil menjadi alasan Kolombia mundur sebagai tuan rumah, sementara badai Covid-19 menjadi alasan Argentina urung menjadi penyelenggara Copa America 2021.

Brasil kemudian menawarkan diri untuk menggantikan posisi Kolombia dan Argentina. Presiden Jair Bolsonaro menawarkan negaranya pada CONMEBOL untuk menjadi tuan rumah Copa America 2021 dua minggu setelah Argentina melepas status mereka sebagai penyelenggara.

Hingga saat ini, empat laga Copa America 2021 telah selesai digelar. Empat laga tersebut berasal dari dua grup yang ada, yakni Grup A dan Grup B.

Belum diketahui apa keputusan yang akan diambil CONMEBOL terkait lonjakan angka positif Covid-19 di Copa America 2021 ini. Apakah gelaran akbar Amerika Selatan ini bakal bubar di tengah jalan atau tetap berlanjut dengan segala risikonya. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *