Cuaca Buruk, Tenda Loket Pelabuhan Merak Ambruk Diterjang Angin

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Sejumlah fasilitas di Pelabuhan Merak rusak akibat dihantam angin kencang, Jumat, (1/10/2019). Kerusakan terjadi di terminal eksekutif Merak. Tenda loket tiket ambruk diterjang angin. Selain itu, kanopi di gang way dermaga 3 juga berterbangan.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan dini kondisi terkini cuaca di beberapa wilayah Banten, terutama potensi angin kencang yang bisa saja terjadi di Pandeglang dan Lebak bagian Selatan. Selain itu, potensi gelombang tinggi di Selat Sunda bagian selatan. Perairan Banten Selatan dan Samudra Hindia Selatan Banten.

Muat Lebih

Koordinator Terminal Penyeberangan Merak KSOP Banten, Suharso kepada wartawan, Jumat (1/11/2019), mengatakan, cuaca buruk terutama angina kencang yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, berimbas pada pelayaran dan penumpukan penumpang yang terjadi di pelabuhan tersebut, meski tidak terlalu signifikan.

Hal itu menurut Suharso, karena kapal-kapal yang berlayar harus mengurangi kecepatannya demi keselamatan pelayaran. “Tentunya dengan adanya peningkatan angin yang mengakibatkan gelombang kan proses sandarnya agak sedikit terlambat makanya agak sedikit penumpukan,” ungkapnya.

Suharso menyatakan kondisi cuaca di sekitar Pelabuhan Merak dan perairan Selat Sunda mengalami peningkatan. Biasanya, kecepatan angin berkisar antara 1-15 knot, sedangkan gelombang sekitar 1-1,5 meter.

“Sampai sekarang proses bongkar muat masih berjalan lancar. Tadi pagi sudah saya beri instruksi secara tertulis untuk selalu membaca kondisi cuaca, dan penguatan untuk selalu aman dalam pelayaran,” kata dia.

Peningkatan cuaca yang lebih ekstrem justru terjadi di Pelabuhan Bakauheni, sekitar pukul 08.30 WIB, KMP Mustika Kencana menabrak gang way hingga mengalami kerusakan.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *