Daftar Wajah Peserta UTBK SBMPTN yang Diduga Curang Viral di Media Sosial

(Tangkapan layar twitter)

INDOPOLITIKA.COM – Warganet digegerkan dengan munculnya di media sosial daftar wajah para peserta SBMPTN – UTBK (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang diduga melakukan kecurangan.

Unggahan viral tersebut di posting salah satu akun menfess di Twitter @sbmptnfess dengan keterangan tulisan “Halo pejuang utbk jalur tol,” tulis di akun menfess.

Terungkap motif yang dilakukan oleh peserta yang tidak jujur tersebut dari berbagai tweet yang beredar. Kecurangan yang dilakukan oleh peserta dengan mendokumenasikan soal-soal UTBK dan mengumpulkannya di Google Drive.

Ketika foto kumpulan soal-soal UTBK sudah terkumpul dalam Google Drive, selanjutnya akan dibagikan dalam sebuah grup pada aplikasi perpesanan sosial telegram.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi tempat kejadian ini berlokasi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau UPNYK.

Kasus ini telah terkonfirmasi dan dibenarkan oleh pihak UPNYK terkait penindakan para peserta yang tidak jujur.

UPNYK telah mengkonfirmasi dengan menjawab unggahan pada laman Twitter. Pihaknya telah mengamankan para peserta yang terbukti telah melakukan pelanggaran. Selain itu panitia juga telah melaporkannya ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan juga pihak yang berwajib.

Kasus yang tidak terpuji ini seketika ramai menjadi perbincangan di media sosial. Pada laman Twitter, kasus ini sempat menjadi trending topic karena telah merugikan untuk peserta pejuang masuk PTN lainnya.

Namun hingga saat ini belum ada yang mengetahui bagaimana cara para peserta ini membawa HP yang digunakan mendokumentasikan soal-soal dan belum ada bagaimana mereka dengan mudah menjalankan aksi mereka, mengetahui ketatnya pengawasan selama UTBK berlangsung. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.