Dahsyat Kota Jayapura Nyaris Luluh Lantak Akibat Kerusuhan

Butuh Ratusan Miliar Rupiah Untuk Membangun Kembali
  • Whatsapp
Pemandangan di salah satu sudut Kota Jayapura pasca aksi rusuh massa

INDOPOLITIKA- Dampak kerusuhan di Kota Jayapura pada 29 Agustus lalu ternyata nyaris membuat kota Jayapura luluh lantak. Tengok saja berdasarkan keterangan yang diungkap Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar AM Kamal, banyak kerugian material akibat aksi pembakaran dan perusakan oleh massa. Polda Papua menyebut, kerusakan melingkupi berbagai macam benda, termasuk pos polisi.

“31 kantor dirusak dan dibakar, 15 perbankan, 33 kendaraan roda 2, 36 kendaraan roda 4, 24 kios dan toko, 7 pos polisi dan 3 unit delaer kendaraan,” ujar Kamal, di Jayapura, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga:

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang tengah berada di Jayapura memastikan untuk kantor pemerintahan yang dirusak dan dibakar massa akan segera diperbaiki melalui APBN.

Sementara, bagi masyarakat yang mengalami kerugian dalam peristiwa tersebut akan ditangani oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“PU sudah memperkirakan dari 10 kantor pemerintahan, kira-kira dibutuhkan sekitar Rp 100 miliar, itu dari APBN,” sebut dia.

Sebelumnya, aksi anarkistis di Kota Jayapura dilakukan oleh massa. Pembakaran dan perusakan terjadi dan mengakibatkan kerugian dari sisi pemerintah dan juga masyarakat.

Setidaknya ada beberapa kantor pemerintahan yang terbakar, seperti Kantor Bea Cukai Pelabuhan Jayapura, KPU Papua, dan Grapari Telkomsel Jalan Koti. Selain itu, ada beberapa kantor yang dirusak, seperti Kantor BBMKG Wilayah V Jayapura, Kantor Gubernur Papua, Komnas HAM Papua, LKBN Biro Antara Papua, Dinas Kominfo Papua, dan lainnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *