Internasional

Dana Rp37 Triliun akan Dikumpulkan untuk Perangi Boko Haram

Foto dari sebuah video memperlihatkan pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau. (Foto: AFP/Boko Haram)

Berlin: Sebuah konferensi donor internasional di Berlin bertekad menggalang dana hingga 2,17 miliar euro atau setara Rp37 triliun untuk membantu beberapa negara di benua Afrika memerangi kelompok militan Boko Haram.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan bantuan dana ini akan dicairkan "dalam beberapa tahun ke depan" untuk Nigeria, Chad, Niger dan Kamerun. Empat negara tersebut adalah yang paling sering diserang Boko Haram. Nantinya, pasukan keempat negara ini akan bergerak dari basis militer di Lake Chad.

Berlin menambahkan, tambahan dana USD467 juta juga akan disediakan kepada keempat negara tersebut dalam bentuk pinjaman berbunga rendah.

Jerman juga ingin menggalang dana tambahan 100 juta euro untuk bantuan kemanusiaan di kawasan pada 2020. Tambahan dana lainnya sebesar 40 juta euro akan disiapkan untuk pencegahan konflik dan stabilisasi.

"Konferensi ini menunjukkan bahwa semua hal itu mungkin dilakukan jika dikerjakan bersama-sama," ungkap Menlu Jerman Heiko Maas, seperti disitat dari kantor berita AFP.

Tahun lalu, konferensi serupa berhasil menggalang dana hingga USD672 juta.

Sementara itu, sekitar 10 organisasi non-pemerintah (NGO) yang aktif di kawasan mengatakan sekitar 11 juta orang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

"Pemberontakan dan juga operasi militer di empat negara tersebut telah membuat 2,4 juta orang telantar, dan lima juta lainnya terancam kelaparan," tutur pernyataan gabungan 10 NGO, termasuk Norwegian Refugee Council, Save the Children dan Action Against Hunger.

Kawasan sekitar Lake Chad sulit diakses, dan sebagian besar bantuan kemanusiaan harus disalurkan oleh konvoi bersenjata atau helikopter.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close