Daud Bereuh: Rekonsiliasi Harus Berbasis Kearifan Lokal

  • Whatsapp
Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh

INDOPOLITIKA – Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh bersama DPD RI menggelar konferensi pers menyikapi 14 tahun usia perdamaian di Aceh. Salah satu amanat dari perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka dengan Pemerintah RI di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005 silam ialah membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh.

Saat ini KKR Aceh telah terbentuk melalui Qanun Aceh Nomor 17 Tahun 2013 yang didirikan dengan tujuan melakukan pengungkapan kebenaran untuk memperkuat perdamaian, memfasilitasi tercapainya rekonsiliasi berbasis kearifan lokal Aceh, dan merekomendasikan pemenuhan hak atas reparasi (pemulihan) hak korban kepada Pemerintah dan Pemerintah Aceh.

Baca Juga:

Muhammad Daud Bereuh, komisioner KKR Aceh menyebutkan bahwa KKR telah berhasil memfasilitasi tercapainya rekonsiliasi berbasis kearifan lokal Aceh. Selain itu tambahnya KKR telah memberikan rekomendasi pemenuhan atas reparasi atau pemulihan hak korban kepada pemerintah pusat dan pemerintah Aceh.

“Pasca 14 tahun usia perdamaian di Aceh, banyak sudah perubahan terjadi di Aceh pasca konflik. Situasi kelam dimasa lampau sudah kembali pulih dan kondusif. Hal ini tentu saja berkat sinergi bersama masyarakat Aceh” ungkapnya kepada wartawan Indopolitika, usai konferensi pers, Senin (19/08).

Sementara itu, Daud juga menjelaskan KKR telah melakukan upaya rekonsiliasi antara korban dengan pelaku yang diduga telah melakukan pelanggan HAM sedang dalam proses merumuskan konsep yang konfrehensif untuk mencari kearifan lokal yang relevan dalam rangka melakukan rekonsiliasi.

“Upaya rekonsiliasi yang harus dilakukan dalam membangun kembali harmoni antara korban dan pelaku harus dilakukan dengan pendekatan kearifan lokal. Hal ini telah terbukti selama 14 tahun perdamaian di Aceh. Bahkan ini telah menjadi model bagi daerah lain pasca konflik” tambahnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *