Delapan Bayi yang Pernah Bicara dalam Buaian, Salah Satunya Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp

 

Beberapa waktu kemudian lahirlah seorang bayi. Saat si perempuan ditanya, bayi itu dari siapa, ia menjawab, “Dari Juraij.” Akibatnya, orang-orang pun marah lalu mendatangi Juraij dan menghancurkan tempat ibadahnya. Tak hanya itu, mereka juga memerintah Juraij turun lalu mencaci makinya.

Berita Lainnya

Melihat demikian, Juraij pun mengambil wudhu lalu shalat. Usai shalat, ia menemui sang bayi lantas bertanya, “Siapakah ayahmu sebenarnya, hai bayi?” Tak disangka, si bayi bisa menjawab, “Pengambala kambing.” Demikian sebagaimana yang diriwayatkan dalam al-Bukhari dan Muslim.

Berkat kesalehan dan ketakwaannya, Allah menyelamatkan Juraij. Dia membuat sang bayi bisa bicara dan memberi tahu siapa ayah sebenarnya. Dia kabulkan doa sang ibunda, Dia selamatkan pula Juraij dari tuduhan.

Bayi Yang Sedang Disusui Oleh Ibunya

Ketiga, bayi yang sedang disusui oleh ibunya. Dikisahkan ada seorang wanita Bani Israil yang menyusui anaknya. Kemudian melintaslah seorang pria berkendara berpenampilan gagah nan tampan. Wanita itu kemudian berdoa, “Ya Allah, jadikanlah anakku seperti dia.”

Saat itu juga si anak melepas susu ibunya dan menghadap kepada pria berkuda itu sambil berkata, “Ya Allah, jangan jadikan aku seperti dia.” Setelah itu, ia kembali menyusu kepada ibunya.” Kemudian melintas lagi seeorang pelayan perempuan. Wanita menyusui itu kembali berdoa, “Ya Allah, jangan jadikan anakku seperti dia.”

Sang anak lagi-lagi melepaskan susu ibunya lalu berkata, “Ya Allah, jadikanlah aku seperti dia.” Mendengar demikian, ibunya bertanya, “Mengapa ingin seperti itu?” Si anak menjawab, “Pengendara itu seorang penguasa zalim, sedangkan pelayan perempuan tadi sudah dituduh orang-orang mencuri dan berzina, padahal ia tidak melakukannya. Demikian yang diriwayatkan al-Bukhari.

Bayi Yang Memberikan Kesaksian Atas Ketidaksalahan Yusuf

Keempat, bayi yang memberikan kesaksian atas ketidaksalahan Yusuf. Dalam Al-Quran disebutkan, Nabi Yusuf ‘alaihissalam digoda oleh istri al-Aziz yang bernama Zulaikha. Namun, Nabi ‘alaihissalam menolak bujuk rayunya. Alih-alih tergoda, beliau berusaha lari keluar kamar, namun bajunya ditarik hingga terkoyak dari belakang.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *