Internasional

Delegasi Korsel Siap Terbang ke Korut untuk Bicarakan KTT

Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) bersama pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA via KNS/AFP)

Seoul: Delegasi tingkat tinggi Korea Selatan akan terbang ke Korea Utara dalam waktu dekat untuk mendiskusikan rencana Konferensi Tingkat Tinggi Antar-Korea bulan ini.

Presiden Korsel Moon Jae-in menunjuk seorang penasihat keamanannya pada Minggu 2 September 2018 untuk pergi sebagai utusan khusus ke Korut. Ia bertugas mendiskusikan detail jadwal pertemuan ketiga antara Moon dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Chung Eui-yong, Kepala Kantor Keamanan Nasional, akan memimpin delegasi beranggotakan lima orang ke Pyongyang pada Rabu mendatang.

Seperti dikutip dari AFP, delegasi tersebut juga meliputi kepala badan intelijen Korsel Suh Hoon. Mereka semua akan pergi ke Pyongyang via jalur langsung yang jarang digunakan selama ini.

Moon dan Kim sudah dua kali bertemu. Pertemuan pertama terjadi saat KTT historis dua Korea di desa gencatan senjata Panmunjom pada April lalu.

Kala itu merupakan kali pertamanya seorang pemimpin dari Korut menyeberang ke Korsel sejak Perang Korea berakhir.

Pertemuan kedua terjadi di Panmunjom pada Mei. Kala itu, mereka membicarakan rencana pertemuan bersejarah antara Kim dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang pada akhirnya berlangsung di Singapura pada 12 Juni.

Kedua pemimpin Korut kemudian sepakat menggelar pertemuan ketiga di Pyongyang dalam tanggal yang belum ditentukan pada September ini.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close