Internasional

Demi Gaya Hidup Sehat, Malaysia akan Terapkan Pajak Soda

Ilustrasi soda. (Foto: Today I Found Out).

Kuala Lumpur: Pemerintah Malaysia ingin warganya menerapkan gaya hidup sehat. Karenanya, Perdana Menteri Mahathir Mohamad mempertimbangkan untuk menerapkan pajak pada soda.

"Tingkat diabetes di Malaysia sangat tinggi karena kami terlalu banyak mengonsumsi gula," kata Mahathir, dilansir dari laman Channel News Asia, Senin 27 Agustus 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahathir kala menanggapi pertanyaan dalam peluncuran Konferensi dan Pameran Kota 4.0 + Bisnis 4.0. Dengan memberikan pajak soda, maka dapat meningkatkan pendapat pemerintah juga.

Kandungan gula yang tinggi, menurut Mahathir menjadi pemicu tingkat obesitas di Negeri Jiran. Tahun lalu, seperti dikutip dari Malay Mail, kematian akibat penyakit tidak menular di negara tersebut disebabkan hipertensi, diabetes dan jantung.

Kementerian Kesehatan Malaysia pada November tahun lalu melaporkan 10 persen penduduk Malaysia terkena diabetes. Jumlah tersebut sekitar 3,6 juta orang.

Pajak gula pada soft drink telah diterapkan di Inggris pada tahun ini. Perusahaan harus membayar pajak terhadap kandungan gula tinggi pada produk yang dijual.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close