Politik

Demokrat Buka Peluang Koalisi Dengan PDIP

Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD)  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan membuka komunikasi dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menjelang Pilpres 2014 dan partai lain. Bahkan  Siap berkoalisi dengan partai moncong putih.

Demikian diungkapkan Sekjen The Founding Fathers House (FFH) Syahrial Nasution. Dia mendapatkan penjelasan SBY pada Rabu, (23/4), di lantai 5 gedung Wisma Negara. Selama 75 menit itu SBY didampingi Mensesneg Sudi Silalahi menerima tokoh senior GMNI dan pendiri FFH Suko Sudarso dan Sekjen FFH Syahrial Nasution dalam suasana diskusi yang hangat.

Dalam pertemuan tersebut, SBY kembali menyinggung nostalgia ketika menjabat Kassospol ABRI. Saat terjadi perpecahan di tubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 1997, SBY yang masih berpangkat letnan jenderal dikenalkan oleh mantan Wakil Ketua Balitbang PDIP Suko Sudarso dan Heru Lelono (saat ini staf khusus Presiden) kepada Megawati.

Pertemuan berlangsung di salah satu tempat milik Mabes ABRI di kawasan Salemba, Jakarta pusat. Itulah awal kebersamaan SBY dan Mega. Dan ketika Megawati menjabat presiden, SBY diangkat menjadi Menko Polsoskam Kabinet Megawati-Hamzah Haz. Namun, hubungan ini menjadi kurang baik, ketika Suko Sudarso ikut mengantarkan SBY maju sebagai calon presiden 2004.

Terkait dengan koalisi partai menjelang Pilpres, SBY menyatakan tetap akan membuka diri berkomunikasi dengan pemimpin partai politik mana pun. Termasuk dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Meski PDIP akan mengajukan Jokowi sebagai capres, SBY tetap bersedia berkomunikasi. (SM/In/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close