Demokrat Dukung Isdianto-Suryani di Pilkada Kepri, Analis Politik: Peluang Kemenangan INSANI Kian Kuat

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM — Keputusan Partai Demokrat melabuhkan dukungannya kepada pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto-Suryani, dinilai analis politik dari Lembaga Survei Konsep Indonesia Sapraji akan semakin memengaruhi kontestasi Pilkada Kepri.

Kini, pencalonan Isdianto-Suryani (INSANI) di Pilkada Kepri mendapat dukungan dari tiga partai. Selain Demokrat, pasangan INSANI lebih dulu diusung Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berita Lainnya

“Di atas kertas, keputusan Demokrat bergabung dengan barisan Hanura dan PKS membuat pasangan Isdianto-Suryani semakin diuntungkan untuk memenangkan Pilkada Kepri, 9 Desember mendatang,” kata Sapraji saat dihubungi media, Selasa (25/8).

Menurut Sapraji, kehadiran Demokrat membuat jumlah kursi koalisi pengusung pasangan INSANI menjadi 13 kursi, atau lebih empat kursi dari syarat pencalonan. Itu karena Demokrat memiliki empat kursi di DPRD Provinsi Kepri. PKS memiliki enam kursi di parlemen, sementara Hanura mempunyai perwakilan tiga kursi.

Di sisi lain, Sapraji menilai, Demokrat coba bersikap realistis dengan memutuskan mendukung pasangan INSANI. Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono itu, Sapraji melanjutkan, menganggap pasangan INSANI memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan kontestasi Pilkada Kepri.

“Demokrat saya pikir bersikap realistis dengan mengusung pasangan INSANI. Mereka yakin INSANI mampu memenangkan kontestasi. Kalkulasi ini yang kemudikan melatari keputusan Demokrat melabuhkan dukungannya kepada pasangan INSANI,” jelas Sapraji.

Kepastian dukungan Demokrat untuk pasangan INSANI diketahui usai rapat konsolidasi Tim Pemenangan INSANI dari sayap Hanura dan PKS di Batam Center, Selasa (25/8) dini hari.

Sekretaris Tim Pemenangan INSANI dari DPD Partai Hanura Kepri, Uba Ingan Singalingging, membenarkan jika hari ini DPP Demokrat menyerahkan mandat dukungannya kepada pasangan Isdianto-Suryani. (ind)

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *