Internasional

Demonstrasi Terbesar Sepanjang Sejarah Hongkong Akhirnya Berhasil

Lebih dari setengah populasi rakyat Hongkong turun ke jalan menolak RUU Ekstradisi akhirnya berbuah manis

Setelah lebih dari satu bulan menggelar demonstasi besar-besaran menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi akhirnya tetesan keringat rakyat Hongkong tak sia-sia, keberhasilan tersebut dikonfirmasi Pemimpin Eksekutif Hongkong Carrie Lam yang menyebut RUU Ekstradisi sudah mati.

“Masih ada keraguan tentang ketulusan pemerintah atau kekhawatiran apakah pemerintah akan memulai kembali pembahasan dengan Dewan Legislatif (mengenai RUU ekstradisi), Saya tegaskan kembali di sini, rencana tersebut sama sekali tidak ada. RUU itu sudah mati,” sebut Lam seperti dikutip dari Reuters, Selasa (9/7).

Aksi massa terbesar sepanjang sejarah Hongkong tersebut dipicu pembahasan RUU ekstradisi, karena bila RUU disahkan maka kebebasan dan sistem satu negara dua sistem akan terus terkikis. Ketakutan rakyat Hongkong menjadi alasan mereka turun ke jalan.

Hong Kong bagian kedaulatan Republik Rakyat China. Namun, sebagai Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong punya yurisdiksi berbeda dan keistimewaan yang tidak bisa dirasakan di China daratan. Seperti, kebebasan untuk menggelar aksi protes, mengkritik pemerintah, hingga kebebasan media. (TRA)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close