Internasional

Denmark Serius Tangani Perubahan Iklim Dunia

Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Kristensen. (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Denmark sangat serius untuk memerangi perubahan iklim di dunia. Salah satunya mengajak Indonesia bekerja sama dan juga menggelar Pekan Iklim Denmark bebarenvan dengan diselenggarakannya Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa 2018.
 
"Langkah awal yang paling tepat dilakukan untuk menciptakan kesadaran tentang perubahan iklim adalah mengajak kerja sama antar sektor publik, swasta dan non-pemerintah," kata Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Kristensen, di Greenhouse Cowork, Jakarta, Rabu 26 September 2018.
 
Kerja sama yang bisa dilakukan misalnya mengurangi degradasi lahan, transisi energi bebas hingga mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam.
 
"Untuk mencapai tujuan kami, kami perlu mengambil pendekatan kolaboratif di mana para pemangku kepentingan dari semua sektor untuk bergabung melawan perubahan iklim," lanjut dia.
 
Dubes Kristensen menyebut Pemerintah Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah limbah negara dan memiliki tujuan untuk mengurangi limbah sebesar 70 persen pada 2025.
 
"Baru-baru ini, Denmark menyumbangkan lebih dari USD800 ribu kepada World Bank’s Ocean Debris untuk mempromosikan kolaborasi dengan Indonesia," tutur dia.
 
Selain itu, Denmark dan Indonesia juga telah memiliki kerja sama antar pemerintah yang komprehensif dalam sektor energi sejak 2015 dengan fokus membantu transisi hijau di Indonesia.
 
"Kerja sama ini memberikan banyak manfaat di mana berfokus pada pemodelqn energi jangka panjang dan integrasi energi terbarukan," tukas dia lagi.
 
Dalam Pekan Iklim Denmark ini, banyak informasi yang didapat terkait implementasi perubahan iklim sejak dibentuknya Paris Agreement misalnya fasilitas Virtual Reality sebagai wadah interaksi dan dialog para pengunjung.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close