Depan Komisi II, Menpan RB Laporkan Rencananya Untuk Merampingkan Birokrasi

  • Whatsapp
Menpan RB Tjahyo Kumolo

INDOPOLITIKA.COM- Dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo memaparkan akan merampingkan birokrasi dengan target awal Desember 2019.

Hal itu ia sampaikan sebagai bentuk instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuang dalam visinya.

Muat Lebih

“Saya dipercaya Pak Presiden untuk selesaikan visi misi presiden dan salah satu skala prioritas yakni masalah reformasi birokrasi yang intinya dua. Pertama adalah bagaimana agar birokrasi mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (18/11/2019).

“Kedua, birokrasi harus cepat memberikan perizinan sehingga daerah bisa berkembang dengan cara mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Lebih jauh, Tjahjo mengaku, sejumlah perampingan telah dilakukan di kementerian/lembaga (K/L). Adapun di kementeriannya yakni deputi dan staf khusus.

Dan dalam tiga pekan ini, ungkap dia, pihaknya fokus melakukan jemput bola ke seluruh K/L untuk menyesuaikan nomenklatur.

Bahkan, terang dia, ada kementerian yang dalam satu pekan memangkas 7 deputi.

“Karena pertanyaan Bapak Presiden ke saya sejauh mana reformasi birokrasi dengan cepat dilakukan. Jadi dalam waktu dekat kita nggak pangkas birokrasi, tapi merampingkan,” tegasnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *