Dewas KPK Dilantik Hari Ini, ICW Sebut Jokowi Tidak Paham Cara Memperkuat KPK

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Indonesia Corruption Watch (ICW) tetap menolak terbentuknya Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi yang dibentuk oleh Presiden Jokowi. Meskipun anggota yang dipilih adalah orang yang tidak memiliki cacat moral di tengah masyarakat.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan konsep Dewan Pengawas KPK ini adalah salah satu pont yang selama ini dipermasalahkan oleh masyarakat. Menurutnya, adanya Dewas KPK justru akan melemahkan kinerja KPK untuk memberantas korupsi.

Berita Lainnya

“ICW pada dasarnya menolak seluruh konsep Dewan Pengawas KPK yang tertera dalam UU KPK baru. Dewan Pengawas adalah satu diantara banyak poin bermasalah dalam UU KPK baru,” kata Kurnia Ramadhana.

Kata Kurnia, ICW tidak memperdulikan nama-nama yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk duduk sebagai Dewas KPK. Pasalnya ICW masih kekeh beranggapan pada periode ini KPK telah dilemahkan fungsinya oleh Presiden Jokowi.

“Siapa pun yang ditunjuk untuk menjadi Dewan Pengawas tidak mengurangi sedikitpun penilaian kami bahwa Presiden Joko Widodo memang tidak paham bagaimana cara memperkuat KPK,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akan melantik lima anggota Dewas KPK siang ini, Jumat, 20 Desember 2019 di Istana Kepresidenan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dari lima nama yang akan dilantik hari ini, Jokowi sudah membuka  tiga nama yang diusulkan menjadi Dewas KPK.

Mereka adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, mantan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho. [pit]

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *