Internasional

Di Bali, Tiga Lembaga Dunia Bahas Capaian SDGs

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares. (Foto: Fajar Nugraha/Medcom.id).

Jakarta: Pertemuan para kepala negara/pemerintahan ASEAN di Bali akan membahas mengenai pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Asia Tenggara. Pertemuan ini akan digelar di Bali, 11 Oktober 2018.
 
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares menuturkan tak hanya para kepala negara ASEAN, hadir pula dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi dan para petinggi International Monetary Fund (IMF).
 
"Sebenarnya, ASEAN Leaders Gathering ini dilakukan mendahului pertemuan IMF-World Bank di Bali. Nah, di situ pertemuan akan diketuai Presiden Joko Widodo bersama dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong," ucapnya kepada Medcom.id, Senin, 8 Oktober 2018.
 
Dia menambahkan Presiden Jokowi akan memimpin di sesi pertama. Nantinya Sekjen PBB dan Sekjen ASEAN akan menyampaikan pandangannya atas pencapaian SDGs di kawasan.
 
"Sekjen PBB akan menyampaikan segi pandangannya, kemudian kesempatan diberikan pada para kepala negara ASEAN mengenai perkembangan pencapaian SDGs di negara masing-masing," imbuhnya.
 
Jose menambahkan, usai paparan, akan ada diskusi interaktif di akhir pertemuan. Masing-masing negara akan menuturkan tantangan yang dihadapi dalam pencapaian SDGs.
 
Menurut Jose, tantangan yang dihadapi bisa berbagai macam rupanya, seperti sumber daya atau keahlian. Di situ, tutur dia, PBB bisa membantu ASEAN.
 
"Atau bahkan ASEAN yang membantu dengan membagikan best practises-nya," tukasnya.
 
Jose menyampaikan isu-isu lain di kawasan juga akan menjadi bahasan dalam pertemuan tersebut. Masalah perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok juga berpotensi dibahas dalam pertemuan itu. Pasalnya, ASEAN bisa terkena imbas perang dagang kedua Negara Adi Daya tersebut.
 
Pertemuan ASEAN Leaders Gathering di Bali merupakan inisiatif Indonesia sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dilakukan di Singapura pada November mendatang. Pembahasan dalam pertemuan ini akan dibawa dalam KTT ASEAN untuk dibahas lebih dalam lagi.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close