Di Tengah Pandemi, HD-MY Kerja Keras Majukan Sumsel Di Berbagai Sektor

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COMProvinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dibawah kepemimpinan Gubernur Herman Deru (HD) dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (MY) terus berbenah diri. Meski dalam dua tahun terakhir dihantam badai Pandemi Covid-19, HD-MY tetap berjuang keras mewujudkan Sumsel Maju.

Hal tersebut terlihat dari berbagai sektor yang terus menggeliat ke arah yang lebih baik, terutama pada sektor pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar kebutuhan masyarakat. Berbagai pembangunan infrastruktur terus digalakan di 17 Kota dan Kabupaten yang ada di Bumi Sriwijaya tersebut.

Berita Lainnya

“Meski ditengah kondisi serba sulit lantaran pandemi, publik menyaksikan kerja keras pemerintah Sumsel dalam merealisasikan janji pembangunan lima tahun yang dimuat dalam Visi Sumsel Maju untuk semua,” ungkap Koordinator Masyarakat Sumsel Berkemajuan, Ahmad Najmawan kepada awak media, Kamis (17/06).

Pihaknya juga mengapresiasi berbagai keberhasilan HD-MY dalam menekan pandemi di Sumsel. Selain itu, pada sektor ekonomi, Ahmad menyebut kondisi ekonomi di Sumsel relatif masih pada posisi terkendali.

“Harus kita akui bahwa kerja keras HD-MY ditengah pandemi sangat luar biasa. Misalnya dalam menekan penyebaran pandemik saya kira cukup berhasil dengan sinergi bersama seluruh pihak. Begitu juga ikhtiar pemulihan ekonomi masyarakat, saya lihat berhasil menjaga stabilitas ekonomi di Sumsel,” katanya lagi.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi di Sumsel saat pandemi, terkontraksi mencapai sebesar -0,11 persen. Angka yang baik dibanding nasional sebesar -2,07 persen. Bahkan Sumsel Sumsel menduduki peringkat ke-6 secara nasional dan tertinggi kedua di Pulau Sumatera.

Hal ini juga diakui dan mendapat apresiasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) seperti disampaikan Tito Karnavian saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Murenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumsel Tahun 2022.

Pada sektor pembangunan, Ahmad menyebut Sumsel tetap terus membangun meski dengan anggaran yang terbatas. Pihaknya menyebut sejumlah infrastruktur yang akan, sedang dan selesai digarap oleh Pemprov Sumsel selama masa pandemi.

“Herman Deru figur pemimpin yang visioner dan progresif, tak kehabisan akal untuk kemajuan Sumsel. Semua cara dan usaha hingga kekuatan dikerahkan untuk membangun dan mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua. Saya lihat pemerataan pembangunan menjadi fokus utama Deru,” jelasnya.

Diantara program pembangunan yang tengah di rencanakan adalah pembangunan jaringan irigasi di Lematang, Kota Pagaralam, dan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Penyediaan air baku kawasan perkotaan melalui pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kalidoni, Kota Palembang, Pembangunan SPAM untuk daerah Sekar Jaya, Baturaja Timur, pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan New Palembang Port di Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin.

“Saya kira kedepan, Sumsel perlu mengoptimalisasikan infrastruktur pelayanan dasar, terutama air bersih, di samping infrastruktur yang menunjang konektivitas, mulai dari jalan, pelabuhan hingga kawasan industri (KI) dan kawasan ekonomi khusus (KEK). Dan itu memang tengah dikejar oleh HD-MY,” pungkasnya. [dbm]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *